Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Mengamankan Barang Bawaan Karyawan?

Kompas.com - 25/05/2012, 14:38 WIB

KOMPAS.com - Di lingkungan perusahaan saat ini, banyak karyawan yang dibolehkan membawa perangkat sendiri sebagai alat kerja. Konsep "bawa alat sendiri" itu dikenal juga dengan istilah Bring Your Own Device (BYOD).

Masalahnya, data pekerjaan yang dilakukan karyawan di perangkat pribadi mereka tetap menjadi data penting bagi perusahaan. Nah, bagaimana agar perangkat itu -- beserta data di dalamnya -- tetap aman?

Selain itu juga, bagaimana aghar perangkat yang "liar" itu tidak menjadi gangguan keamanan pada jaringan milik perusahaan.

"Sayangnya BYOD secara keliru disamaartikan dengan pengelolaan perangkat bergerak, yang sebenarnya hanyalah merupakan satu bagian dari solusi tersebut," kata Zeus Kerravala, analis utama di ZK Research.

Padahal, ujar Zeus, masalah lebih lanjut adalah apa yang harus dilakukan setelah perangkat pribadi masuk ke jaringan perusahaan. "Bagaimana mengelola keamanan, manajemen, pengalaman pengguna, alur jaringan?" lanjutnya.

Salah satu yang disebut Zeus menyediakan solusi tersebut adalah Avaya, melalui solusi yang bernama Avaya Identity Engines. Versi terbaru dari solusi tersebut memiliki nomor 8.0 di buntutnya.

Di versi terbaru ini, ada dua fitur yang dikedepankan Avaya: Ignition Access Portal dan Ignition CASE Client.

Ignition Access Portal berusaha menyederhanakan administrasi BYOD dengan fitur seperti pendaftaran otomatis hingga kemampuan mengidentifikasi identitas perangkat.

Tim TI di perusahaan pun bisa mendapatkan informasi mengenai jenis dan profil perangkat di dalam jaringan. Sehingga, mereka bisa melakukan tindakan-tindakan yang sesuai.

Sedangkan Ignition CASE Client digunakan untuk otomatisasi konfigurasi perangkat-perangkat untuk akses jaringan yang aman. Ini bisa dipakai untuk memastikan semua perangkat yang menempel ke jaringan sudah terjamin keamanannya.

Contoh penggunaannya adalah saat ada tamu yang berkunjung ke perusahaan dan menggunakan perangkat mereka di dalam jaringan perusahaan.

Uniknya, Ignition CASE Client ini bersifat "larut", artinya setelah digunakan ia bisa "menghilang" dari perangkat pengguna.

Avaya Identity Engines adalah bagian dari Avaya Mobile Collaboration for Enterprise, sebuah solusi terintegrasi untuk tenaga kerja mobile.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com