Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avaya Tawarkan Perangkat 'Switch Manageable' Ekonomis

Kompas.com - 28/06/2012, 09:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kantor skala kecl mendapatkan alternatif baru dalam menyusun jaringan di tempat usaha dengan Ethernet Routing Switch (ERS) 3500 series buatan Avaya. Lini produk switch jaringan ini dirilis oleh penyedia solusi komunikasi enterprise tersebut hari Rabu (27/6/2012).

Oleh pembuatnya, seri ERS 3500 dikategorikan sebagai switch low-end yang terjangkau untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Meskipun mengusung embel-embel "ekonomis",  menurut Country Director Avaya Indonesia Endang Rachmawati, seri produk ERS 3500 ini tidak ditujukan untuk segmen pengguna yang membutuhkan switcher unmanageable.

"Kami menyasar segmen pertengahan dari UKM yang memerlukan switch manageable,"  ujar Endang. Sektor-sektor yang termasuk dalam segmen ini misalnya pendidikan, perhotelan, dan retail.

Bentuk produk-produk switch dari seri ERS 3500 yang kompak diharapkan mepermudah pengguna yang tidak memiliki banyak tempat untuk menaruh alat.

Avaya mengembangkan lini produk ethernet routing switch fanless ini dari Nortell Networks yang diakuisisi pada akhir 2009 lalu.

Produk-produk switch dari seri ERS 3500 terdiri dari 6 switch Fast and GIgabit ethernet yang tersedia dalam pilihan konfigurasi 10 atau 24 port. Banderol harganya antara 695 dollar AS atau sekitar Rp 6,4 juta hingga 2395 dollar AS atau sekitar Rp 22 juta.

Walaupun termasuk produk low-end, ERS 3500 series tetap memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya adalah fungsi "true plug-and-play" IP Phone Avaya yang langsung bisa bekerja dalam waktu kurang dari satu menit begitu terkoneksi dengan ERS 3500.

ERS 3500 juga mampu menyalurkan daya lebih besar lewat kabel ethernet (power over ethernet atau PoE+) untuk memungkinkan penggunaan perangkat-perangkat seperti kamera  pengawas. Jumlah daya yng bisa disalurkan mencapai 32 watt.

Selain itu, untuk mempermudah ekspansi, sebuah switch seri ERS 3500 dapat disambungkan dengan perangkat lainnya dari tipe yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com