Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Lotus 123

Kompas.com - 23/11/2012, 11:52 WIB

www.guidebookgallery.orgTampilan splash screen Lotus 1-2-3 di MS DOS

KOMPAS.com — IBM selaku pemilik hak atas merek Lotus dikabarkan berencana menghilangkan brand tersebut dari beberapa aplikasi, seperti Notes, Domino, dan 1-2-3.

IBM membeli perusahaan software Lotus pada 1995 seharga 3,5 miliar dollar AS.

Penggantinya adalah IBM Notes/ Domino 9.0 Social Edition yang versi public beta-nya dijadwalkan mulai tersedia pada 14 Desember mendatang.

Rencana yang diumumkan pada pertengahan November tersebut bakal mengakhiri nama merek Lotus yang sempat sangat populer pada medio 80-an.

Ketika itu, rangkaian aplikasi buatan vendor software ini menjadi standar software produktivitas perkantoran sebelum kedatangan Microsoft Office.

Satu aplikasi Lotus yang paling populer adalah 1-2-3, program spreadsheet yang juga menjadi produk perdana perusahaan ini saat dirilis pada 1982.

Lotus kemudian banyak menelurkan software produktivitas lain, seperti Manuscript, Magellan,  Approach, cc: Mail, Hal, Organizer, dan Symphony meski tak semuanya sesukses 1-2-3.

Kejayaan Lotus mulai meredup pada pertengahan 90-an seiring dengan meningkatnya popularitas suite Microsoft Office yang menggabungkan beragam software produktivitas dalam satu paket.

Setelah itu, Lotus beralih ke software workgroup, antara lain lewat aplikasi Domino dan Notes yang masih ada hingga saat ini. Namun, bidang itu pun sudah didominasi oleh Microsoft dengan Outlook dan Exchange.

Hingga kini, IBM masih menjual Lotus 1-2-3 Millenium Edition 9.8. Akan tetapi, software itu tidak di-update selama lebih satu dekade dan harganya mencapai 342 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com