Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Kamera Mewah Karya Perancang iPhone

Kompas.com - 12/10/2013, 08:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Kamera Leica M rancangan Jony Ive

KOMPAS.com — Inilah hasinya ketika perancang iPhone dan iPad, Jonathan Ive, merancang sebuah kamera khusus untuk Leica, pabrikan kamera legendaris itu.

Bekerja sama dengan desainer industri Marc Newson yang juga merupakan sobat lamanya, Ive menciptakan kamera Leica M edisi terbatas yang sekilas tampak mirip dengan komputer Apple rancangannya, sederhana dan "bersih".

Sebagaimana dikutip dari Cnet, hampir seluruh tubuh kamera ini dilapis anodized aluminium. Lapisan kulit berwarna hitam ala kamera rangefinder Leica pun diganti dengan lempengan logam berlubang-lubang serupa penutup grill speaker.

"Jeroan" internalnya diperkuat sensor full-frame 24 megapiksel, dipadu "prosesor berkinerja tinggi" dan lensa Leica APO-Summicron 50mm f2 ASPH yang dirancang senada dengan unit kamera.

Leica
Tampak belakang kamera rancangan Jony Ive


Meski terlihat simple, kamera mewah ini ternyata membutuhkan proses pengerjaan yang panjang. Pihak Leica membuat 561 model dan hampir 1.000 buah komponen prototipe selama 85 hari sebelum akhirnya sampai pada desain final.

Kamera Leica M edisi khusus ini pun hanya akan dibuat sebanyak 40 buah. Penjualannya dilakukan melalui lelang di balai Sotheby's di New York, 23 November mendatang, sepaket dengan earphone Apple EarPod yang dilapis emas 18 karat dan piano Steinway.

Harga kamera tersebut diperkirakan bisa mencapai kisaran 500.000-750.000 dollar AS. Hasil penjualannya akan disumbangkan untuk usaha amal RED pimpinan vokalis U2, Bono, untuk memerangi AIDS, tuberkulosis, dan malaria.

Leica
Tampak dekat kamera Leica rancangan Jony Ive
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com