Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Apple Mau Rilis Apa?

Kompas.com - 16/10/2013, 08:17 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com — Tahun 2013 baru akan usai kurang lebih dua setengah bulan mendatang. Namun, ini tidak menghentikan analis untuk memprediksi produk baru apa saja yang akan dirilis oleh Apple pada 2014 mendatang.

Menurut Ming-Chi Kuo, seorang analis terkenal asal perusahaan KGI Securities, Apple tengah menyiapkan berbagai produk baru untuk menghadapi tahun 2014 mendatang. Analis ini, seperti dikutip dari 9to5mac, Senin (14/10/2013), telah membuat beberapa prediksi dan menuliskannya dalam nota penelitian terbaru.

Kuo memprediksi, Apple akan memperbarui produk-produk andalannya, seperti MacBook, iMac, dan iPad.

MacBook Apple akan mendapatkan sebuah pilihan bentang layar baru, yaitu 12 inci. Notebook ini nantinya akan mendukung layar Retina, layar yang mendukung resolusi tinggi.

Dikatakan, MacBook 12 inci ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan MacBook Air. MacBook ini pun dikatakan akan hadir dengan desain baru. Ia akan berjalan dengan prosesor berbasis Intel.

Untuk masalah harga, produk ini diprediksi akan lebih murah dibandingkan dengan notebook Apple yang ada selama ini. MacBook 12 inci ini akan dirilis sekitar kuartal II hingga III 2014.

Sementara, komputer desktop iMac baru dikatakan akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan seri sama yang telah beredar selama ini. Alasan di balik label harga yang lebih murah ini adalah mulai kurang lakunya produk jenis ini di pasar.

Diharapkan, model baru dengan harga yang lebih murah ini dapat meningkatkan penjualan seri iMac 10 hingga 20 persen. iMac baru tersebut, masih menurut Kuo, akan dikapalkan pada kuartal II atau III 2014.

Pada tahun 2014 mendatang, Apple kembali akan merilis iPad generasi terbaru. Apple sendiri dikabarkan akan merilis iPad generasi ke-5 pada akhir tahun 2013 ini. Itu artinya, prediksi Kuo akan terkait dengan iPad generasi ke-6.

Kuo membuat prediksi bahwa iPad masih akan mengusung bentang layar yang sama dengan generasi-generasi sebelumnya, yaitu 9,7 inci. Meski begitu, iPad 6 dikatakan mendukung resolusi yang lebih tinggi, dengan tingkat kerapatan layar 30 hingga 40 persen lebih tinggi dari iPad Retina display.

Apple pun tampaknya tidak akan merilis iPad dengan layar yang lebih besar dari yang ada saat ini.

Akankah prediksi Kuo menjadi kenyataan pada tahun 2014 mendatang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com