Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bolehkan Aplikasi Android di Windows?

Kompas.com - 17/02/2014, 09:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah Microsoft menyatakan dirinya terjun di pasar smartphone, maka tantangan terbesarnya adalah membuat aplikasi sebanyak mungkin bagi penggunanya. Namun celakanya, Microsoft belum berhasil membangun minat tinggi developer untuk bergabung.

Beberapa pengamat kemudian mengatakan bahwa seharusnya Microsoft membatalkan saja proyek Windows Phone-nya dan mengadopsi sistem operasi populer Android. Sebagian juga berpendapat bahwa Android justru malah bisa mencelakakan Microsoft sendiri.

Namun, jika melihat latar belakang CEO baru Microsoft, Satya Nadella yang telah memakan banyak asam garam di dunia mobile dan cloud, serta keputusan Nokia untuk membuat smartphone Android dan rumor yang beredar yang mengatakan aplikasi Android bakal bisa dijalankan di Windows, mungkinkan Microsoft akan benar-benar mengadopsi Android?

Sumber dalam Microsoft mengatakan kepada The Verge (12/2/2014) bahwa Microsoft telah mempertimbangkan secara serius agar Android bisa berjalan baik di environment Windows atau Windows Phone.

Bahkan situs Zdnet pada Kamis (13/2/2014) mengabarkan bahwa telah ada perangkat Android yang mendapat lisensi dari Microsoft. Voxx Electronic Corp, perusahaan pembuat perangkat hiburan dalam mobil, dikatakan telah mendapatkan izin paten dari Microsoft untuk perangkatnya yang menjalankan OS Android.

Paten tersebut termasuk untuk perangkat hiburan dalam mobil, tablet, serta perangkat elektronik konsumer lainnya. Isi perjanjian tersebut masih dirahasiakan, namun Microsoft dipastikan mendapatkan royalti dari Voxx dengan perjanjian tersebut.

Namun sayangnya, tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang teknologi yang digunakan Microsoft untuk menjalankan OS Android dalam sebuah perangkat.

Sebelumnya Microsoft juga mempertimbangkan aplikasi Android agar bisa diunduh melalui Windows dan Windows Phone Stores. Namun ada juga pengamat yang pesimis dengan langkah ini, mereka menganggap bahwa hal tersebut justru akan mematikan Microsoft.

Berkaca dari kasus BlackBerry, jika Microsoft ingin agar perangkatnya bisa menjalankan aplikasi Android, maka belum tentu juga akan sukses. Selain itu, Microsoft juga butuh layanan pihak ketiga sebagai enabler agar aplikasi Android tersebut akur dengan environment Windows dan Windows Phone.

Saat ini terdapat software buatan BlueStack yang bisa membantu Micorosft untuk menjalankan aplikasi Android di Windows. BlueStack saat ini sedang bekerja sama dengan Intel membuat PC dengan konsep dual OS, Windows dan Android.

BlueStack telah membantu agar perangkat-perangkat Windows bisa menjalankan aplikasi Android. Bahkan, BlueStack telah menjalin kerja sama dengan Lenovo dan Asus agar softwarenya dipasang di perangkat-perangkat mereka.

BlueStack belum bersedia mengeluarkan pernyataan resmi tentang dukungannya terhadap Microsoft. Namun menurut sumber The Verge, BlueStack dikatakan telah memaksa Microsoft agar mau memasang aplikasi Android di Windows Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com