Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turunkan Harga, Apa Dampaknya bagi Apple?

Kompas.com - 21/03/2014, 07:10 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.comApple mengincar pasar tablet dan ponsel kelas menengah. Hal tersebut terlihat dari keputusan Apple dalam merilis iPhone 5C model 8 GB dan memangkas harga iPad 4 menjadi serendah iPad 2.

Pertanyaan besarnya, akankah strategi ini berdampak banyak bagi pundi-pundi kekayaan Apple? Sayangnya, Gene Munster, seorang analis terkenal dari Piper Jaffray, tampak pesimistis dengan strategi dari Apple ini. Menurut dia, keputusan untuk memangkas harga dan menghadirkan iPhone model baru tidak akan berdampak banyak bagi keuangan Apple.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya bagi Apple dalam menerapkan strategi pemangkasan harga. Tahun lalu, Apple membuat sebuah eksperimen dalam strategi bisnisnya. Mereka memangkas harga iPhone 4 sekitar 15 persen di negara berkembang, seperti India dan China.

Eksperimen ini membuahkan hasil yang begitu baik bagi Apple karena berhasil melampaui perkiraan pasar iPhone pada Juni 2013 dengan mengalami peningkatan hingga 18 persen.

Nah, Munster menduga bahwa prestasi tersebut tidak akan terjadi lagi tahun ini. Seperti dikutip dari Apple Insider, Kamis (20/3/2014), Munster memprediksi bahwa iPhone 5C baru tersebut "tidak akan relevan" untuk pendapatan kuartal Juni Apple.

Sebelumnya, Wall Street menduga bahwa pendapatan Apple akan meningkat 10 persen dari tahun lalu hingga 38,7 miliar dollar AS pada kuartal ini. Munster, sekali lagi, menduga bahwa prediksi dari Wall Street tersebut terasa terlalu besar.

"Melihat tidak adanya perubahan yang terlalu berarti di lini produk perusahaan atau tren musiman yang bergerak menuju bulan Juni, kami percaya bahwa kami tidak akan melihat akselerasi yang terlalu signifikan seperti yang diharapkan (Wall) Street," tulis Munster.

Sebelumnya, Apple telah merilis iPhone 5C 8 GB di Inggris, Perancis, Jerman, Australia, dan China. Perusahaan belum menawarkannya di negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Di situs Apple Store Inggris, harga yang ditawarkan adalah 429 poundsterling (sekitar Rp 8 juta), dibandingkan dengan versi 16GB seharga 469 poundsterling (atau sekitar Rp 8,8 juta).

Selain memori internal, iPhone 5C 8GB ini tidak mengalami perubahan dari sisi spesifikasi dan desain. iPhone 5C masih menggunakan material plastik dengan beragam pilihan warna.

Selain iPhone 5C 8GB, Apple juga menurunkan harga iPad generasi keempat yang akan mengincar segmen pasar menengah. Produk tersebut akan menggantikan posisi iPad 2 yang bakal dihentikan produksinya.

Ada dua model iPad 4 yang akan dipasarkan Apple. Pertama, iPad 4 dengan kapasitas memori internal 16GB dan hanya menyediakan koneksi Wi-Fi yang dibanderol 399 dollar AS. Kedua, iPad 4 dengan kapasitas 16GB dengan koneksi Wi-Fi dan seluler dengan harga 529 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com