Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar, Bocoran Tampilan Android 4.5 Lollipop

Kompas.com - 16/04/2014, 10:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Gambar bocoran antarmuka sistem operasi Android 4.5

KOMPAS.com — Sistem operasi Android berikutnya, versi 4.5, disinyalir bakal bernama "Lollipop" atau "Moonshine", meneruskan tradisi huruf depan yang melambangkan urutan revisi.

Kali ini, agaknya bukan hanya nama atau fitur lain yang diubah oleh Google, melainkan juga tampilan standar OS mobile tersebut.

Hal itu tampak dari bocoran gambar yang dimuat oleh situs Phone Arena. Di dalamnya, tampak antarmuka Android 4.5 "Lollipop" dengan deretan ikon yang terlihat baru, termasuk untuk aplikasi Google Maps, YouTube, dan Play Store.

Desain mereka terlihat lebih sederhana, flat atau datar, dengan warna-warna yang lebih kontras dibandingkan ikon pada launcher Android yang ada sekarang.

Beberapa ikon, seperti untuk Gmail, tampak lebih menyerupai ikon layanan serupa versi web dibandingkan Android. Hal tersebut terlihat dalam perbandingan tampilan ikon yang turut dikompilasi oleh Android Police di bawah ini.

Android Police Bocoran tampilan icon pada Android 4.5 dan perbandingan tampilan icon (gambar kanan) antara layanan Google berbasis web, versi Android terkini, dan versi Android berikutnya

Android Police turut menangkap screenshot laman Google Partners yang berisi gambar ikon Calendar, YouTube, dan Maps yang serupa dengan bocoran. Deretan ikon baru dalam bocoran screenshot tersebut tampaknya memang sungguh ada, meski belum tentu bakal dipakai di OS Android versi berikutnya.

Android 4.5 diperkirakan akan terkoneksi erat dengan sistem operasi jam tangan pintar Android Wear yang baru diperkenalkan oleh Google.

Raksasa internet tersebut disinyalir akan mengumumkan kehadiran Android 4.5 secara resmi dalam konferensi Google I/O, Juni mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com