Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lama Menolak, Firefox Bakal Hadir di iOS

Kompas.com - 04/12/2014, 10:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Logo Mozilla Firefox

KOMPAS.com - Setelah selama ini absen dari iOS, Mozilla akan segera membuat aplikasi browser Firefox untuk platform mobile perangkat-perangkat Apple tersebut.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Phone Arena, Rabu (3/12/2014), kemungkinan tersebut diungkapkan oleh Senior Release Manager Firefox Lukas Blakk dalam sebuah cuitan (tweet).

"Kami harus hadir di mana pengguna kami berada, maka kami akan menghadirkan Firefox di iOS #mozlandia," cuit Blakk dalam tweet yang diunggah tanggal 2 Desember tersebut.

Sebelumnya, Mozilla tak mau menghadirkan peramban Firefox di iOS lantaran tidak setuju dengan kebijakan Apple tentang penggunaan browser pihak ketiga di sistem operasi mobile itu.

Browser pihak ketiga di iOS diharuskan memakai JavaScript dan rendering engine dari Apple, atau me-render gambar di server luar sebelum mengirimkannya ke peramban di perangkat seperti yang dilakukan oleh browser Opera.

Mozilla yang tidak dibolehkan memakai web engine miliknya sendiri pun emoh menghadirkan Firefox di iOS. Kini, seiring dengan pergantian kepemimpinan di Mozilla, pendirian browser berlogo rubah merah itu agaknya telah berubah.

Masih belum diketahui bagaimana persisnya Mozilla akan membawa Firefox ke iOS. Namun, mengingat kebijakan Apple soal browser pihak ketiga tadi, kemungkinan besar Firefox akan memakai engine yang disediakan Apple.

Dengan cara ini, Firefox iOS masih bisa menyediakan dukungan akun, sinkronisasi bookmark, dan fitur-fitur lain yang hadir pada Firefox versi Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com