Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Pilih Smartphone dengan Kapasitas Memori yang Mumpuni

Kompas.com - 23/12/2014, 10:04 WIB
advertorial

Penulis

Seiring dengan perkembangan teknologi smartphone yang semakin pesat, setiap orang pasti memiliki banyak pertimbangan dalam berbagai aspek, entah itu desain dan warna, resolusi kamera, atau sistem operasi (operating system/OS). Namun sayangnya, kapasitas memori masih luput dari perhatian utama. Padahal, besar kecilnya kapasitas memori akan sangat memengaruhi performa dari smartphone tersebut. Seperti halnya komputer yang digunakan terus-menerus, smartphone maupun tablet akan mengalami penurunan performa setelah beberapa lama.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Bisa jadi karena Anda terlalu banyak men-download aplikasi dan game tanpa memperhatikan kapasitas memori smartphone. Sementara itu, aplikasi atau game yang telah ter-install di smartphone biasanya akan memakan kapasitas memori lebih besar. Misalnya, Anda men-download aplikasi dengan file berukuran 1 MB dari Android Market. Begitu ter-install, besar file tersebut menjadi 1,5 MB. Belum lagi bila Anda harus meng-update aplikasi-aplikasi tersebut. Semua update tersebut lagi-lagi akan memakan kapasitas memori smartphone Anda.  

Oleh karena itu, setiap kali Anda membeli smartphone baru, pastikan smartphone pilihan Anda dilengkapi dengan kapasitas Read-only Memory (ROM) dan Random-access Memory (RAM) yang mumpuni. Kenapa? Karena untuk menyimpan sistem operasi, aplikasi dan data lainnya, sebuah smartphone membutuhkan ROM berukuran lebih dari 4 GB.

Sedangkan untuk menjalankan semua aplikasi, smartphone membutuhkan RAM di atas 512 MB. Semakin besar RAM, maka akan semakin cepat kinerja smartphone tersebut. Dan yang lebih hebatnya lagi, Anda dapat ber-multitasking dengan mudah dan nyaman. Bayangkan saja, Anda dapat melakukan beberapa hal sekaligus, seperti belanja online melalui browser, menghitung dengan kalkulator, sambil chatting bersama teman. Pastinya semua yang Anda lakukan akan terasa cepat dan lancar.

Jadi, saatnya mengganti handphone lama Anda dan beralih ke smartphone yang memiliki fitur dan spesifikasi yang canggih, dengan harga yang relative terjangkau.

Tunggu kehadiran ZAP, 4G – 64 Bit. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com