Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Apple Watch" Seharga Rp 350.000 Hadir di CES

Kompas.com - 10/01/2015, 12:27 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Hingga saat ini, jam tangan pintar besutan Apple, Watch, belum dijual di mana pun. Akan tetapi, perangkat wearable yang banyak ditunggu tersebut ternyata sudah dijiplak.

Adalah perusahaan asal Tiongkok, Hyperdon, yang meniru perangkat teranyar milik Apple ini.

Perangkat tiruan tersebut tidak memiliki nama yang spesifik. Hyperdon hanya memberi label nama Smart Watch untuk perangkat tersebut.

Mashable
Produk buatan Hyperdon ini memiliki bentuk sangat mirip dengan Apple Watch
Secara sepintar, Smart Watch buatan Hyperdon memiliki desain fisik yang sama dengan Apple Watch. Perangkat itu dilengkapi dengan sebuah sekrup jam tradisional di sisi kanannya. Tidak diketahui, apakah sekrup tersebut memiliki fungsi yang sama dengan yang ada di Apple Watch atau tidak.

Sekadar informasi, sekrup tersebut dinamakan digital crown di Apple Wathc. Fungsinya untuk keperluan navigasi, misalnya diputar untuk melakukan zoom in dan zoom out pada aplikasi peta, atau ditekan untuk kembali ke layar home.

Tidak hanya dari segi tampilan fisik, Smart Watch memiliki desain icon yang sangat mirip dengan Apple Watch.  

Seperti KompasTekno kutip dari Mashable, Jumat (9/1/2015), pengguna bisa menghubungkan produk Hyperdon ini ke ponsel berbasis Android dan iOS melalui Bluetooth.

Perangkat ini dapat digunakan untuk membuat panggilan telepon di ponsel, memainkan musik, menghitung jumlah langkah, alarm, dan masih banyak lagi.

Uniknya, perangkat Smart Watch ini dipamerkan di pagelaran Consumer Electronics Show 2015 di Las Vegas, AS. Langkah ini dinilai cukup nekat, mengingat bisa saja Apple melihat produk tersebut dan, mungkin, menuntut Hyperdon karena kemiripan di antara kedua produk tersebut.

Pun demikian, Hyperdon masih berani menjual Smart Watch di booth mereka dengan harga hanya 27 dollar AS atau sekitar Rp 350.000. Harga tersebut berbeda jauh dari Apple Watch asli yang memiliki banderol 350 dollar AS atau sekitar Rp 4,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com