Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Rilis Video 4K Pertama di Luar Angkasa

Kompas.com - 15/06/2015, 13:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Badan antariksa AS NASA merilis serial video beresolusi 4K dari ruang angkasa. Video perdana yang dipublikasikan berdurasi 20 detik dan disebarkan melalui saluran YouTube ReelNASA.

Dalam keterangan video, NASA menjelaskan bahwa peningkatan kualitas ini ditujukan agar pandangan masyarakat atas kehidupan di ruang angkasa semakin jelas. Bagi orang-orang yang bermimpi melakukan perjalanan ke sana, video ini diharapkan bisa memberikan motivasi.

"Memberikan tampilan yang belum pernah ada sebelumnya tentang bagaimana rasanya tinggal dan bekerja di atas armada stasiun ruar angkasa internasional," NASA menuliskan pada keterangan video, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (15/6/2015) dari DigitalTrends.

Selain itu, dengan resolusi 4K, peneliti diharapkan akan lebih mudah melakukan aktivitas-aktivitas penelitian untuk penemuan baru.

"Kapabilitas ini memungkinkan para peneliti untuk mengakses resolusi yang lebih tinggi agar bisa memberikan masukan baru atas eksperimen-eksepriman yang dilakukan setiap hari," kata perwakilan NASA.

Ke depan, NASA berjanji bakal mengunduh lebih banyak konten video 4K. Walau peningkatan NASA cukup progresif, perlu diketahui bahwa YouTube telah mengakomodir video 8K pada portalnya mulai pekan lalu.

Resolusi itu memiliki kualitas dua kali lipat lebih tajam daripada 4K. Namun, untuk mengaksesnya, pengguna harus memiliki komputer yang mumpuni dan koneksi internet yang lancar.

Berikut video perdana 4K yang diunduh NASA.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com