Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Siapkan Ponsel Android dengan Keyboard Fisik?

Kompas.com - 03/07/2015, 14:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Evleaks
KOMPAS.com - Rumor tentang BlackBerry yang mengembangkan smartphone berbasis OS Android kian santer terdengar. Setelah bocoran dua perangkat yang akan diluncurkan, kini muncul rumor salah satunya akan mengusung fitur keyboard fisik.

Pantauan KompasTekno, akun Twitter @evleaks yang terkenal sering membocorkan info-info seputar gadget dan smartphone menuli pada Kamis (2/7/2015) lalu bahwa varian Android BlackBerry yang diberi nama Venice sedang dikirim ke salah stau operator di AS, yaitu AT&T.

Belum diketahui apakah BlackBerry Venice di AS akan diluncurkan eksklusif di-bundling dengan layanan operator AT&T atau tidak.

Selain itu, BlackBerry Venice juga disebut-sebut akan memiliki fitur keyboard fisik dalam perangkatnya. Dengan demikian, BlackBerry mempertahankan keyboard fisik yang selama ini menjadi ciri khasnya.

Keyboard tersebut mirip dengan keyboard tiga baris yang saat ini dipakai dalam perangkat BlackBerry Passport. Tombol softkey di atasnya menunjukkan bahwa varian Android yang dipakai adalah Lollipop.

Pihak BlackBerry hingga saat ini masih bungkam akan kepastian smartphone ber-Android yang dibuatnya. John Chen sendiri selaku CEO BlackBerry tidak menampik sekaligus tidak mengonfirmasi akan hal itu.

"Kami hanya membuat ponsel yang aman, dan BlackBerry adalah ponsel yang paling aman saat ini," ujar Chen seperti dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (25/6/2015).

"Maka, jika kami bisa membuat (sistem) Android yang aman, tentu saya akan membuatnya (ponsel BlackBerry dengan OS Android)," imbuh Chen.

BlackBerry dikabarkan bakal meluncurkan smartphone BlackBerry pada bulan Agustus mendatang. Rumor tersebut berasal dari Situs N4BB yang menyebut BlackBerry sedang menyiapkan ponsel Android dengan nama sandi "Prague."

Smartphone tersebut ditujukan bagi kelas low-end dengan spesifikasi rendah. "Prague akan menkadi smartphone (Android) low-end BlackBerry dengan bentuk menyerupai Z3," demikian tulis N4BB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Evleaks
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com