Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Melemah, Kamera Mahal Tetap Laku

Kompas.com - 15/09/2015, 16:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS), Canon justru meluncurkan kamera digital baru dengan banderol di atas Rp 10 juta.

Canon Indonesia melalui distributornya, PT Datascrip mengaku tetap pede berjualan kamera mahal, sebab menurut Canon pasar segmen premium tidak mengalami perlambatan.

"Di segmen premium, masyarakat kelas atas tidak terimbas penjualannya tetap sama saja, kalau di segmen poket memang terimbas," ujar Sintra Wong, Division Manager of Canon Image Communication Product Division PT Datascrip kepada KompasTekno di Jakarta, Selasa (15/9/2015).

"Kita lihat saja konser Bon Jovi kemarin tiketnya ludes, kan?" seloroh Sintra.

Namun demikian, Sintra mengaku penjualan kamera poket untuk kelas menengah ke bawah memang terganggu akibat krisis Rupiah terhadap dollar AS ini. "Kalau kelas premium, mau beli ya beli saja," katanya.

Sintra juga mengakui, penjualan kamera digital Canon tahun ini sempat menurun. Pada semester pertama 2015 lalu, penjualan kamera digital Canon disebutnya mencapai 75.000 unit untuk kategori poket, dan 50.000 unit untuk kategori DSLR.

Jumlah tersebut dikatakan Sintra menurun 30 hingga 40 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Namun dalam hal pangsa pasar, Canon masih tetap memimpin di segmen DSLR dan poket.

"Pangsa pasar Canon di DSLR hampir mendekati 60 persen, kalau kamera poket sekarang 30 persen," demikian pungkas Sintra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com