Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Iklan Baru Apple Buatan Pengguna iPhone

Kompas.com - 08/06/2016, 08:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Kampanye iklan Apple selama ini dikenal unik, sederhana, dan menyentuh. Tahun lalu, "Shot on iPhone 6" menyabet penghargaan sebagai iklan poster terbaik 2015 pada ajang Cannes di Paris.

Tahun ini, kampanye dengan konsep serupa masih dilanjutkan, namun dalam bentuk serial video. Apple memilih delapan video terbaik hasil rekaman pengguna iPhone di seluruh dunia.

Delapan video tersebut kemudian disiarkan secara komersil. Pada tiap akhir video, terpatri slogan think different, logo Apple, kemudian nama sang perekam yang sekaligus berperan sebagai sutradara iklan.

Strategi pariwara semacam ini bisa dibilang unik. Pasalnya, Apple tak mencoba menjual keunggulan produknya secara eksplisit. Vendor tersebut juga tak menggunakan jasa sutradara kawanan.

Apple lebih memilih melibatkan penggunanya dalam menciptakan iklan kreatif alias user-created ad. Pada tiap seri, durasi video dipatok hanya 15 detik.

Hal tersebut seakan menegaskan bahwa Apple enggan mengambil banyak waktu masyarakat untuk melihat iklan. Tak ada pula kata yang diucap pada video itu. Cuma ada karya visual pengguna, musik pendukung, lalu kredit nama penciptanya.

Diketahui, Apple kerap memenangkan penghargaan iklan karena idenya yang di luar kebiasaan alias out of the box. Bahkan, kampanye iklan "Get a Mac" yang pertama kali dirilis pada 2006 silam digadang-gadang sebagai salah satu iklan terbaik sepanjang masa.

Pada 1997, Apple juga pernah menjadikan petinju legendaris Muhammad Ali sebagai ikon iklannya. Sosok kontroversial yang baru tutup usia pada akhir pekan lalu tersebut dianggap pas merepresentasikan prinsip Apple.

Selengkapnya, berikut delapan iklan singkat Apple yang disutradari langsung oleh pengguna iPhone, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (8/6/2016) dari channel YouTube resmi Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com