Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Akuisisi Perusahaan Teknologi Bernilai Fantastis

Kompas.com - 14/06/2016, 20:43 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft sempat membuat industri teknologi geger. Tanpa ada kabar burung sebelumnya, raksasa software itu mengakuisisi LinkedIn, jejaring sosial bagi para profesional.

Nilainya pun tidak main-main. Microsoft harus merogoh kocek hingga 26,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 349 triliun.

Microsoft sendiri menambah panjang isi daftar perusahaan teknologi yang mencaplok perusahaan lain dengan jumlah uang sangat fantastis.

Selain Microsoft, ada juga perusahaan komputer Dell, media sosial Facebook, dan media penyimpanan Western Digital.

Berikut 5 perusahaan teknologi yang membeli perusahaan lain dengan nilai sangat luar biasa.

1. Dell akuisisi EMC

Pertengahan Oktober 2015, Dell mengumumkan telah mencaplok perusahaan penyimpanan data EMC Corp dengan nilai mencapai 67 miliar dollar AS atau sekitar Rp 905 triliun. Ini masih menjadi akuisisi dengan nilai terbesar sepanjang sejarah industri teknologi.

Dell melakukan akuisisi tersebut dengan tujuan membantunya membuat diversifikasi layanan dan memperbesar skala bisnis cloud. Saat ini pasar PC yang merupakan andalan mereka telah sepi akibat meningkatnya tren perangkat genggam.

Langkah Dell untuk memperbesar bisnis di luar PC sebenarnya meniru para pesaing besarnya. Hewlett-Packard Co (HP), yang merupakan pembuat PC nomor dua dunia, telah memisahkan bisnis komputer dan printer demi fokus pada bisnis data perusahaan. IBM sudah menjual unit PC sejak satu dekade lalu.

2. Facebook caplok WhatsApp

Meski sudah memiliki messenger sendiri, Facebook masih mau membeli perusahaan pesan teks lain. Perusahaan yang dipilih untuk dibeli adalah WhatsApp dengan nilai mencapai 19 miliar dollar AS atau sekitar Rp 223 triliun.

Pembayaran tersebut tidak sepenuhnya berupa uang tunai. Pada awalnya, Facebook akan menggelontorkan dana sebesar 16 miliar dollar AS, yang terdiri dari 12 miliar dollar AS saham Facebook dan 4 miliar dollar AS dalam bentuk uang tunai.

Facebook juga memberi 3 miliar dollar AS saham terbatas untuk pendiri dan karyawan WhatsApp yang akan diberikan selama empat tahun setelah akuisisi tersebut selesai.

3. Western Digital beli Sandisk

Perusahaan media penyimpanan terbukti punya nilai yang tinggi. Setelah Dell mengakuisisi EMC, Western Digital membeli perusahaan sejenis, Sandisk, dengan nilai fantastis pula.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com