Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Mencatat Durasi Pengguna Nongkrong di Tempat Tertentu

Kompas.com - 18/07/2016, 12:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google berupaya membuat aplikasinya semakin berguna dalam hal perencanaan perjalanan. Fitur terbarunya bakal menyematkan informasi mengenai waktu yang rata-rata dihabiskan orang untuk nongkrong di suatu tempat.

Menariknya, informasi tersebut bukan diselipkan dalam Maps, melainkan dalam aplikasi Google Search. Ini merupakan aplikasi yang bisa diakses pengguna Android dengan cara menekan tombol Home selama beberapa detik.

Cara kerja fitur baru tersebut, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (18/7/2016), adalah dengan menampilkannya dalam sebuah kolom yang muncul saat pengguna mencari informasi mengenai lokasi tertentu.

Bentuknya mungkin saja berupa sebuah kolom baru bertuliskan “Plan pyour visit” dan berisi informasi mengenai rata-rata waktu yang dihabiskan orang untuk berada di satu tempat.

Misalnya, dalam contoh fitur ini, Google menyebutkan bahwa rata-rata orang menghabiskan waktu dua jam untuk mengunjungi taman Golden Gate di San Francisco, Amerika Serikat.

Fitur baru ini diprediksi cuma dirilis terbatas pada tempat-tempat yang sudah populer dikunjungi orang. Antara lain berupa daerah tujuan wisata, museum, atau tempat-tempat bersejarah.

Bila Google sudah benar-benar merilisnya, tak tertutup kemungkinan bahwa Maps juga akan kebagian fitur serupa.

Dan tentu akan lebih menarik lagi bila raksasa mesin pencari ini juga bisa menyematkan informasi durasi tersebut pada berbagai tempat lain yang sarat dengan antrean, contohnya klinik atau rumah sakit. Semoga saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com