Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Galaxy S8 Dinobatkan Jadi yang Terbaik Saat Ini

Kompas.com - 05/04/2017, 19:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S8 mendapat pengakuan dari DisplayMate sebagai smartphone dengan layar terbaik di pasaran saat ini. DisplayMate sendiri merupakan perusahaan penyedia jasa kalibrasi dan optimasi beragam jenis layar.

"Mahkota" untuk Galaxy S8 itu diberikan pasca melewati rentetan pengujian laboratorium dari DisplayMate, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Rabu (5/4/2017).

Selain dari DisplayMate, Galaxy S8 juga mendapat pengakuan dari Aliansi UHD untuk Mobile HDR Premium. Seri Galaxy S teranyar itu adalah smartphone pertama yang mendapat sertifikasi demikian.

Artinya, layar Galaxy S8 disebut mampu menampilkan gambar dan video pada High Dynamic Range (HDR) yang sama dengan tampilan pada televisi 4K UHD berlayar jumbo.

Menurut DisplayMate, layar apik Galaxy S8 dimungkinkan mekanisme kerja Sub-Pixel Rendering, di mana tiap bulir piksel hijau, merah, dan biru, diperlakukan sebagai elemen gambar yang independen.

"Tiap sub-pixel tidak terikat sekaligus sebagai fixed pixel," kata tim DisplayMate.

Mekanisme kerja seperti itu membuat tiap sub-pixel pada layar bekerja maksimal dan mengeluarkan kesatuan yang memanjakan mata. Resolusi yang dihasilkan layar Galaxy S8 diperkirakan tiga kali lebih maksimal dibandingkan resolusi yang sama dengan Pixel Rendering normal.

Tak cuma itu, sub-pixel hijau, merah, dan biru pada Galaxy S8 sengaja dibuat dengan ukuran berbeda. Biru paling besar dan hijau paling kecil.

"Ini memungkinkan segmen garis vertikal dan horizontal, serta segmen diagonal dan vektor, tampak lebih asli dan sama dengan visual nyata," begitu penuturan perwakilan DisplayMate.

Ada banyak penjelasan teknis yang bisa dijabarkan menyusul penobatan Galaxy S8 sebagai smartphone dengan layar terbaik. Agaknya predikat ini akan diemban ponsel itu dalam beberapa bulan ke depan, jika tak lebih lama.

Baca: Samsung Bakal Jual Galaxy S8 Plus Versi RAM 6 GB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com