Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Line Creativate 2017 Digelar, Dorong Pelaku Kreatif Go International

“Sejauh ini sudah ada lima webtoon lokal yang dinikmati sampai ke luar negeri. Kami ingin lebih banyak lagi karya-karya di Indonesia yang bisa go international,” kata PR Director Line Indonesia, Dhyoti Basuki Ramdhani, usai pengumuman pemenang Line Creativate 2017, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Upaya yang dilakukan Line untuk mewujudkan visi tersebut antara lain dengan memasarkan karya-karya lokal dalam bentuk stiker digital (Line Sticker) dan komik (Line Webtoon) ke negara-negara lain.

“Line Creativate ini kan menyaring karya-karya terbaik. Dari sini nantinya bisa berkembang ke pasar luar negeri kalau memang kontennya cocok di negara-negara lain,” Dhyoti menjelaskan.

Antusiasme pelaku kreatif terhadap Line Creativate pun diklaim semakin masif dari tahun ke tahun. Kali ini tak kurang dari tak kurang dari 17.000 karya dari seluruh Indonesia berkompetisi di ajang tahunan tersebut. Jumlah tersebut meningkat 12 persen dari tahun lalu yang hanya 15.000.

“Dari tahun ke tahun para pemenang Line Creativate banyak mencetak prestasi dan penghasilan. Ada pembuat stiker dan webtoon yang sudah bisa beli rumah, umrah, kuliah, dan lainnya. Ini mendorong teman-teman mereka dan masyarakat luas untuk turut berkarya di industri kreatif melalui platform Line,” kata Dhyoti.

Ada yang berbeda

Dengan minat yang makin besar, Line pun berinovasi dalam menggelar Line Creativate. Tak melulu soal Line Sticker dan Line Webtoon, Line menambah dua mata lomba baru bertajuk “Line Chatbot” dan “#UnjukKreasiLokalmu”.

Line Chatbot adalah kompetisi di pengembangan chatbot pada platform Line menggunakan Messaging API. Ada dua kategori yang dilombakan, yakni bot untuk game dan utilitas.

Temanya sendiri berkutat pada “Indonesia banget”, di mana para pembuat bot diharapakan mampu menyelesaikan masalah yang terjadi dalam lingkup nasional.

Sementara itu, #UnjukKreasiLokalmu adalah kompetisi foto atau video. Para kreator diminta menceritakan tentang kearifan lokal dan kebiasaan unik dalam keseharian masyarakat daerah mereka masing-masing.

“Kami sadar orang-orang kreatif dalam berekspresi nggak melulu lewat stiker atau komik. Makanya kami tambah mata lomba baru supaya wadah berekspresi mereka juga luas,” Dhyoti menuturkan.

Para pemenang

Setelah mengikuti rangakain kompetisi Line Creativate sejak Agustus lalu, Line pun memilih tiga juara untuk masing-masing mata lomba. Berikut selengkapnya.

Line Sticker

Juara 1: “Boteng” karya Septia Indah Rosiana (Tangerang)
Juara 2: “The Power of Emak-Emak”, karya Melani Sie (Surabaya)
Juara 3: “Couple Chibi”, karya Ryan Damario (Tangerang)

Line Webtoon

Juara 1: “Titik Balik”, karya Putu Dedi Kurnia (Bali)
Juara 2: “Kupu-kupu”, karya Eri Juhana (Jakarta)
Juara 3: “Sebelum Mentari Senja”, karya Ramadhan Wisnu (Yogyakarta)

Line Chatbot (game)

Juara 1: “TTS”, karya Creacle (Yogyakarta)
Juara 2: “Dumpak ding ding”, karya Gantari Game (Malang)
Juara 3: “Kedai Nusantara”, karya Michelle Neysa (Jakarta).

Line Chatbot (utilitasi)

Juara 1: “Islamify”, karya Fata El Islami (Bandung)
Juara 2: “Syurprise”, karya Thomas (Jakarta)
Juara 3: “Xploria”, karya CokelatSoft (Bali)

#UnjukKreasiLokalmu

Juara 1: @jafarfakhry (Jakarta)
Juara 2: @faronnabila (Jakarta)
Juara 3: @afuriju (Pontianak)

Para pemenang mendapat hadiah total Rp 350 juta. Adapun juri yang menentukan pemenangnya berasal dari insan-insan kreatif kawakan Tanah Air, pihak Line, dan Bekraf.

https://tekno.kompas.com/read/2017/10/28/07381787/line-creativate-2017-digelar-dorong-pelaku-kreatif-go-international

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke