Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Surat Balasan Facebook Setelah Kena Peringatan Kedua dari Kominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, jawaban bukan didapat dari Facebook Indonesia, melainkan dari Facebook Irlandia. Hal ini merujuk pada kebijakan Facebook pusat, di mana selain cabang Amerika Serikat, semua keluhan ditangani cabang Irlandia.

"Tadi malam itu ada surat, tetapi dari Facebook Irlandia. Dia hanya menerangkan tata cara Facebook menangani CA. Menurut mereka, itu sudah diberhentikan, hanya saja kami minta semua yang serupa dengan itu (kuis kepribadian pihak ketiga) juga dihentikan untuk pasar Indonesia," kata dia, Rabu (11/4/2018), di Gedung Kominfo Medan Merdeka, Jakarta.

Lebih lanjut, Rudiantara mengungkapkan, pihaknya hingga kini belum menerima hasil audit Facebook terkait data pengguna yang dicuri. Padahal, laporan audit sudah diminta sejak Kominfo mengirimkan SP I pada 5 April 2018.

"Belum ada hasil audit. Itu, kan, kemarin kami keluarkan SP tambahan karena ternyata ada aplikasi lain yang terungkap mirip CA, yaitu CubeYou dan AgregateIQ. Jadi kami minta yang lama mana? Sekarang sudah ditemukan lagi," ujarnya.

Laporan hasil audit dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan data “curian” tersebut. Dengan demikian, pemerintah bisa menakar dan mengukur potensi permasalahan yang timbul.

Rudiantara mengatakan, SP II bisa saja ditingkatkan menjadi pemutusan operasional sementara Facebook di Indonesia jika dianggap diperlukan. Hanya saja, ia tak ingin gegabah mengambil langkah.

"Kita tunggu dululah hasil SP," ujarnya.

Insiden CA mengundang perhatian global. CA sendiri merupakan konsultan politik yang membantu kampanye pemenangan Donald Trump pada Pilpres AS 2016 lalu.

Secara total, ada 87 juta data pengguna Facebook global yang dicuri CA. Indonesia menempati posisi ketiga sebagai negara yang data penggunanya paling banyak jadi korban.

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/11/19481387/ini-surat-balasan-facebook-setelah-kena-peringatan-kedua-dari-kominfo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke