Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghindari Rute Ganjil-Genap dengan Google Maps dan Waze

Mulai hari ini, Senin (6/6/2022), aturan ganjil-genap akan diperluas menjadi 25 ruas jalan. Aturan ini berlaku untuk kendaraan pribadi beroda empat atau lebih.

Untuk menghindari sanksi tersebut, pengguna kendaraan bisa mencari rute alternatif melalui aplikasi Waze dan Google Maps. Baik pengguna Android maupun iOS bisa memanfaatkan fitur ganjil-genap di kedua aplikasi milik Google tersebut.

Sebelum menggunakan Waze maupun Google Maps untuk mencari rute alternatif, pastikan bahwa GPS pada perangkat Anda aktif dan terkoneksi internet.

Waze

Untuk mengecek jalur alternatif di Waze, buka menu "My Waze". Buka "Setting" di kiri atas aplikasi (icon roda bergerig, kmeudian pilih menu "Navigasi" atau Navigation. Selanjutnya, masukkan dua digit terakhir nomor kendaraan Anda di menu License plate.

Nantinya, secara otomatis Waze akan menyesuaikan rute sesuai implementasi peraturan ganjil-genap. Dengan begitu, pengguna bisa mencari rute alternatif lain agar terhindar dari aturan tersebut.

Google Maps

Sementara untuk Google Maps, pengguna harus memasukan dulu lokasi tujuan. Lalu pilih menu "setting" di kanan atas aplikasi dan pilih "route options".

Menu tersebut akan menampilkan dua pilihan, Anda memiliki pelat nomor genap dan Anda memiliki pelat nomor ganjil. Pilihlah sesuai dengan nomor kendaraan Anda.

Penentuan angka ganjil dan genap ditentukan oleh satu digit nomor terakhir. Kemudian akan terlihat rute mana yang sebaiknya Anda gunakan untuk menghindari aturan tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2018/07/19/10320807/cara-menghindari-rute-ganjil-genap-dengan-google-maps-dan-waze

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke