Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Snapdragon 855 Dipastikan Mendukung Fitur 5G

Pekan ini pabrikan yang bermarkas di San Diego, AS itu mengumumkan bahwa chip yang bersangkutan -sebut saja Snapdragon 855- bakal kompatibel dengan modem 5G X50 buatannya.

Dalam sebuah keterangan tertulis, Qualcomm menyebutkan tengah bekerja sama dengan OEM, operator seluler, vendor infrastruktur dan badan standarisasi untuk meluncurkan mobile hotspot 5G pertama pada akhir 2018.

“Lalu, smartphone yang menggunakan platform mobile berikutnya dari kami akan hadir pada paruh pertama 2019,” sebut Presiden Qualcomm Cristiano Amon.

Meski mendukung 5G, modem X50 sendiri tidak bersifat multi-mode dan mesti dipasangkan dengan chip modem lain supaya ponsel bisa tersambung ke jaringan 4G LTE atau yang lebih lama.

Dengan kata lain, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Jumat (24/8/2018), kemungkinan smartphone dengan SoC Snapdragon 855 bakal memiliki dua chip modem, yakni X50 yang disatukan dengan Snapdragon 855, serta chip modem lain seperti X24 untuk dukungan konektivitas non-5G.

Selain mendukung modem 5G, Snapdragon 855 juga dibuat dengan proses fabrikasi 7nm yang membuka peluang untuk kinerja lebih tinggi dan konsumsi daya lebih irit.

Selain peningkatan performa dan efisiensi baterai, fitur andalan lain dari Snapdragon 855 kemungkinan adalah processing AI secara terintegrasi.

Qualcomm sendiri masih belum mengumumkan nama resmi dari SoC yang bersangkutan. “Snapdragon 855” sejauh ini baru spekulasi berdasarkan skema penamaan model-model SoC sebelumnya.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/24/13540077/snapdragon-855-dipastikan-mendukung-fitur-5g

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke