Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YouTube Kini Tampilkan Waktu yang Dihabiskan Menonton Video

Ketika membuka menu akun, pengguna bakal melihat antarmuka profil yang diperbarui. Di situ tersemat pilihan “Time Watched” untuk melihat pola konsumsi video.

Bukan cuma durasi yang dihabiskan menonton video pada hari itu, tetapi juga kemarin, dan sepanjang pekan lalu. YouTube juga menghitungkan durasi nonton rata-rata pengguna per harinya.

“Tujuan kami memberikan pemahaman tentang waktu yang dihabiskan pengguna di YouTube, sehingga pengguna bisa mengambil keputusan yang tepat tentang bagaimana porsi YouTube yang wajar bagi kehidupan sehari-hari,” begitu tertulis pada blog resmi YouTube, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (28/8/2018).

Sebelum ini, YouTube pun sudah memperkenalkan beberapa fitur baru untuk mendukung gerakan “digital well-being”. Salah satunya, YouTube menyematkan pengingat untuk mengambil jeda ketika terus-terusan menonton video.

Selain itu, YouTube juga memberi opsi untuk mencicil pemutaran video pada notifikasi Anda satu per hari. Secara otomatis (default), notifikasi YouTube sekarang dibuat diam (silence), bukan cuma bergetar (vibrations).

Gerakan “digital well-being” ini untuk menangkal adiksi masyarakat yang berlebihan atas dunia di balik layar. Selain Google, perusahaan lain juga mendukung gerakan ini melalui fitur-fitur baru mereka, yakni Apple, Facebook, dan Instagram.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/28/13180047/youtube-kini-tampilkan-waktu-yang-dihabiskan-menonton-video

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke