Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PlayStation 5 Bakal Bisa Mainkan Game PlayStation 1 hingga 4?

KOMPAS.com - Bocoran mengenai konsol game penerus PlayStation 4 (PS4), Playstation 5 (PS5), kembali beredar. Kali ini ada sebuah dokumen paten yang menyebut bahwa PS5 bakal bisa menjalankan game lawas dari PS1 hingga PS4.

Paten yang menjelaskan teknologi "impersonating CPUID for backward compability" itu telah didaftarkan ke kantor paten Jepang 20 Januari 2017 dan dipublikasikan oleh Sony Interactive Entertainment 31 Januari 2019 lalu.

Dokumen paten menggambarkan bagaimana konsol PS5 bakal bisa menjalankan game lawas, yakni dengan teknik emulasi.

Game "diakali" agar seolah berjalan dengan hardware konsol terdahulu, termasuk dengan cara "spoofing" alias menampilkan ID prosesor sesuai dengan milik konsol original game yang bersangkutan.

PS3, misalnya, memiliki Cell Processor dengan arsitektur unik yang susah untuk diemulasikan sehingga Sony kesulitan membuat emulator game PS3 di PS4.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IGN, Rabu (6/2/2019), keberadaan paten terbaru ini mengindikasikan bahwa Sony kemungkinan sudah menemukan cara untuk emulasi game PS3 di PS5, berikut PS4, PS2, hingga PS1.

Namun, paten tersebut belum tentu berarti teknologi emulasi game lawas akan benar-benar hadir di konsol game Sony generasi berikutnya. Kalaupun diterapkan, boleh jadi bukan di PS4, melainkan varian lain dari PS4.

Untuk sekarang, emulator PS2 sudah tersedia untuk para pemilik PS4 lewat PlayStation Store. Lalu, beberapa game PS2 dan PS3 ditawarkan ke PS4 melalui layanan streaming PlayStation Now.

https://tekno.kompas.com/read/2019/02/06/12210097/playstation-5-bakal-bisa-mainkan-game-playstation-1-hingga-4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke