Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jutaan Password Instagram Bocor, Amankan Akun dengan Langkah Ini

KOMPAS.com - Facebook terus membuat gempar penggunanya. Beberapa hari lalu, pihak Facebook mengakui ada jutaan password Instagram yang terbuka dan dapat dilihat oleh kalangan internal Facebook.

Belum diketahui apakah password yang terbuka tersebut dimanfaatkan atau disalah gunakan oleh pihak internal Facebook atau tidak mengingat investigasi masih dilakukan oleh tim Facebook terkait hal itu.

Meski begitu, pihak Facebook menganjurkan pengguna untuk secara rutin mengganti password akun Instagram masing-masing dan mengaktifkan fitur kemanan tambahan yang biasa disebut two-factor authentication.

Lantas, bagaimana cara mengganti password serta mengamankan akun Instagram dengan fitur two-factor authentication? 

Untuk mengganti password, pertama-tama, pergi ke halaman profil Instagram masing-masing pengguna. Kemudian, klik ikon tiga garis di sebelah kanan atas pada halaman tersebut dan pilih menu "Settings".

Beberapa saat kemudian, pengguna akan disodorkan beberapa sub-menu yang tercakup di dalam menu "Settings". Di halaman ini, pilih menu "Privacy and Security" lalu pilih menu "Password".

Setelah meng-klik menu tersebut, pengguna akan disuguhkan dengan tampilan yang memampang tiga field password kosong.

Isi field pertama dengan password akun Instagram yang masih berlaku. Kemudian, isi field kedua dan ketiga dengan password baru yang diinginkan pengguna.

KompasTekno menyarankan pengguna mengkombinasikan kata sandi baru ini dengan huruf dan angka demi membuat akun Instagram lebih aman.

Setelah memasukkan password lama dan baru, klik ikon centang pada ujung kanan atas halaman penggantian password itu untuk menyelesaikan proses perubahan kata sandi.

Setelah itu, bakal ada prompt dari Instagram tentang fitur pengingat password. Pilih "Not Now" agar ponsel tidak menyimpan password Instagram kita.

Setelah password diganti, pengguna kemudian bisa mengamankan akun Instagram mereka lebih lanjut dengan fitur keamanan ekstra, yaitu two-factor authentication (2FA), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Selasa (23/4/2019). 

Untuk mengamankan akun dengan fitur tersebut, pengguna bisa menyimak artikel berikut terkait cara mengaktifkan fitur 2FA di Instagram.

https://tekno.kompas.com/read/2019/04/23/10080937/jutaan-password-instagram-bocor-amankan-akun-dengan-langkah-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke