Salin Artikel

Apple Resmi Pensiunkan iTunes

Pengumuman penghentian iTunes dibuat Apple di ajang konferensi tahunan Apple Worldwide Developer Congress (WWDC) pada Senin (3/6/2019).

Langkah ini diambil Apple sejalan dengan rencana menyelaraskan macOS (PC/laptop) dengan iOS (mobile). Selain itu, aplikasi terpisah ini juga meningkatkan layanan eksisting Apple, seperti Apple Music dan Apple TV Plus yang akan datang.

iTunes dikenalkan sekitar 18 tahun yang lalu pada 2001. Awalnya, iTunes berfungsi sebagai aplikasi pemutar media dan library. Namun seiring tahun, peranannya semakin ditambah.

Saat iPod dikenalkan, iTunes menjadi aplikasi untuk mengatur dan mensinkronisasi musik.

Kemudian pada 2007, saat iPhone dikenalkan, tugas itunes bertambah menjadi aplikasi untuk melakukan update, sinkronisasi, dan mengatur file-file di iPhone.

Rumor sebelumnya

Isu penghentian iTunes sebelumnya menyeruak di forum online Reddit. Berdasarkan rekaman cache, konten iTunes di Facebook terakhir kali tayang pada tanggal 31 Mei 2019. Usut punya usut, konten-konten yang sebelumnya ada di laman Facebook iTunes bermigrasi ke laman Facebook Apple TV.

Tidak cuma semua konten, tapi juga 30 jutaan "like" dan konten pertama iTune yang dibuat tahun 2009 silam. Hal yang sama juga terjadi di akun Instagram iTunes. Alih-alih menampilkan konten, akun tersebut justru mengarahkan pengguna untuk mengikuti akun Apple TV.

Namun untuk akun Twitter iTunes, tampaknya masih belum ada perubahan dengan konten yang belum dihapus. Perubahan pada media sosial iTunes menguatkan rumor bahwa Apple akan mengganti iTunes dengan aplikasi musik, TV, dan podcast sendiri (standalone).

Dilansir KompasTekno dari MacRumors, beberapa pengguna menemukan bahwa tautan lagu dan artis di iTunes secara langsung diarahkan ke situs music.apple.com.

Apple nampaknya sedang memproses pemindahan tautan iTunes ke tautan spesifik sesuai kategorinya, seperti apps.apple.com, podcast.apple.com, tv.apple.com, movie.apple.com, dan books.apple.com.

Beberapa tautan diketahui sudah aktif seperti podcast, sementara ada beberapa tautan lain yang masih belum siap. Belum diketahui apakah perubahan ini turut berdampak pada pembelian musik, film, atau serial TV yang sebelumnya bisa dilakukan di iTunes atau tidak.

Selama ini, pengguna iOS memang kerap mengeluhkan iTunes yang terlalu gemuk. Sebab, Apple memasang banyak fitur ke dalam iTunes ini.

Perpindahan iTunes ke aplikasi standalone Apple yang baru kemungkinan akan berlangsung secara bertahap.

=====

Film pendek “Merawat Komunikasi” merupakan kolaborasi antara KompasTekno dan Telkomsel dalam program tahunan #MudikSmart. Tonton video lengkapnya di channel YouTube KompasTekno.

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/04/07132637/apple-resmi-pensiunkan-itunes

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.