Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Akan Dapat Fitur Video Mirip TikTok?

Fitur tersebut adalam mode Story Camera baru bernama "Clip". Programmer Jane Manchun Wong adalah sosok yang pertama kali menemukan bakal fitur ini sejak bulan Juli lalu.

Ia memang seringkali menemukan fitur-fitur baru yang masih dalam masa uji coba di media sosial seperti Instagram, Facebook, Snapchat, atau Twitter, dengan menelusuri baris kode aplikasi yang bersangkutan.

Menurut Wong, fitur Clip memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa potongan video menjadi sebuah video. Fitur ini mirip dengan fitur edit video di TikTok yang menjadi salah satu daya tarik platform yang populer di kalangan remaja tersebut.

Seperti di TikTok, dengan Clip pengguna juga bisa mengatur kecepatan video dan menambahkan musik di Instagram. Wong mengatakan, ada beberapa fitur di TikTok yang belum ada di Clip seperti efek dan filter.

"Fitur eksperimen semacam ini bisa datang dan pergi. Butuh waktu untuk mengembangkan dan merilisnya," tulis Wong di blognya.

TikTok saat ini telah diunduh lebih dari 1 mililar kali, menurut laporan dari Business Insider yang dirangkum KompasTekno, Jumat (13/9/2019). Beberapa video TikTok juga ikut viral media sosial lain seperti Instagram dan Twitter.

Instagram mungkin tidak ingin kehilangan dominasinya menjadi platform berbagi foto dan video terpopuler di dunia sehingga mulai meramu banyak fitur baru. Akan tetapi, Instagram kerap menyontek fitur dari pesaingnya.

https://tekno.kompas.com/read/2019/09/13/08150037/instagram-akan-dapat-fitur-video-mirip-tiktok-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke