Salin Artikel

Instagram Uji Fitur "Stiker Komentar" di Stories, Begini Caranya

KOMPAS.com - Instagram menguji coba Stiker Komentar di Stories untuk
sebagian pengguna di Argentina, Australia, dan Indonesia. Karena masih uji coba, pengguna yang bisa mencoba stiker komentar di Stories ini dipilih secara acak.

Dengan fitur Stiker Komentar, pengguna dapat melakukan percakapan dengan teman-temannya di Instagram Stories, untuk membahas seputar topik tertentu.

Berbeda dengan Stiker Pertanyaan, Stiker Komentar di Instagram Stories ini selain memungkinkan pengguna melakukan percakapan, juga membuat mereka terhubung dengan follower lainnya.

Fitur Stiker Komentar ini dapat diakses melalui kolom komentar yang muncul di bagian bawah Stories.

Bagi pengguna yang terpilih dalam uji coba, mereka akan menjumpai stiker bertuliskan “Komentar” di galeri stiker pada Stories. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah untuk menggunakan Stiker Komentar di Stories:

1. Posting topik atau pertanyaan yang ingin dibahas dengan para followers

2. Ketika para follower melihat Stories tersebut, mereka bisa mengetuk Stiker Komentar
dan memberikan komentar mereka secara publik.

Tak hanya itu, follower lainnya yang tidak saling berteman juga dapat melihat dan menanggapi komentar tersebut. Inilah fitur baru yang dihadirkan Instagram dalam Stories.

3. Stories dan komentar para follower lainnya akan tersedia secara publik selama 24 jam.

Namun untuk pemilik akun, mereka akan tetap dapat melihat jawaban dari para follower
yang tersimpan di bagian Arsip (Archive) setelah Stories tersebut sudah lebih dari 24 jam.

4. Bagi para pengguna yang memiliki akun privat, mereka juga akan tetap dapat meninggalkan komentar dan ikut terlibat dalam diskusi publik tersebut.

Tetapi, saat mereka membuat Stiker Komentar, hanya follower mereka saja yang dapat melihat dan meninggalkan komentar di Stories tersebut.

"Stiker Komentar" ini sama seperti kolom komentar yang terdapat pada Feed. Bahkan fitur-fitur keamanan Instagram untuk mengatur percakapan juga akan diberlakukan pada Stiker Komentar di Stories.

Selain itu, pengguna yang bisa menjajal fitur ini juga dapat melaporkan berbagai komentar ofensif atau negatif dari followers yang ikut berdiskusi pada Stiker Komentar.

Instagram mengkalim bahwa pihaknya memiliki tim khusus di seluruh dunia yang bertugas untuk mereview laporan-laporan yang diterima Instagram selama 24 jam dalam 50 bahasa.

Tim tersebut juga akan segera menghapus konten yang dianggap melanggar Panduan Komunitas Instagram.

Dengan hadirnya fitur "Stiker Komentar" ini, Instagram berkomitmen untuk senantiasa menjadi platform media sosial yang aman dan positif guna mendukung opini, kreativitas, dan ekspresi diri setiap penggunanya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/26/15370097/instagram-uji-fitur-stiker-komentar-di-stories-begini-caranya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.