Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar dari Video YouTube, Pria Ini Bangun Rumah Sendiri

Bapak dua anak ini berhasil membangun rumah sendiri, hanya dengan bermodal menonton tutorial di YouTube dan membaca buku-buku panduan. Dia belajar segala hal terkait pembangunan rumah, mulai dari cara plester tembok hingga menyusun atap. 

Padahal, sebelumnya Harley yang pekerja bidang IT sama sekali tak punya pengetahuan atau pengalaman konstruksi.

Harley memulai proyek besarnya pada 2008 dengan membeli sebuah rumah tua di daerah Ringwood, New Hampshire. Bangunan lama digusur, lalu dia mulai membikin rumah barunya.

Butuh waktu 10 tahun hingga proyek ini bisa selesai pada 2018. Selama konstruksi, Harley beserta istri dan anaknya tinggal dalam karavan yang diparkir di dekat lokasi rumah.

"Keluarga saya sangat mendukung," ujar Harley, seperti dihimpun KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (5/3/2020). "Semuanya butuh waktu lebih lama karena saya melakukannya sambil belajar," lanjut dia.

Penantian panjang Harley dan keluarga terbayar oleh rumah impian mereka yang berdesain modern dengan lima kamar tidur, dua kamar mandi, serta ruang keluarga berukuran besar yang menyatu dengan dapur.

Harley menghabiskan total dana sebesar 140.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,5 miliar untuk mengerjakan proyek rumah bikinan sendiri.

Angka itu jauh lebih rendah dibandingkan harga rumah sebanding yang harganya bisa mencapai 450.000 poundsterling atau sekitar Rp 8,1 miliar.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/05/07050087/belajar-dari-video-youtube-pria-ini-bangun-rumah-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke