Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Call di Apple Vision Pro Bisa Pakai Avatar, Seperti Mengobrol Berhadapan Langsung

Kompas.com - 03/04/2024, 18:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Apple terus mengembangkan perangkat lunak (software) Apple Vision Pro supaya bisa menjalankan beragam fitur canggih. Salah satu fitur baru yang ada di headset AR (augmented reality) tersebut adalah fitur avatar tiga dimensi (3D) Spatial Persona

Persona adalah fitur milik Apple Vision Pro yang memungkinkan perangkat memindai wajah pengguna secara 3D.

Pemindaian ini bertujuan untuk mengubah wajah asli pengguna menjadi tampilan avatar 3D. Avatar 3D tersebut nantinya dapat digunakan layaknya foto profil pengguna di Vision Pro ketika melakukan panggilan video call alias FaceTime. 

Fitur Persona pun kini dikembangkan agar mendukung teknologi AR Spatial. Artinya, foto profil pengguna Vision Pro lain yang sedang diajak "ngobrol" bisa ditampilkan atau "ditempelkan" ke sebuah titik di ruangan, supaya suasana FaceTime bisa semakin lebih nyata.

Baca juga: Headset AR Apple Vision Pro Mulai Dijual di Luar AS Tahun Ini

Nah, ketika melakukan FaceTime, Spatial Persona hanya akan menampilkan kedua tangan pengguna, serta sedikit bagian dada hingga ke atas kepala saja, sebagaimana ilustrasi gambar berikut ini.

Pengguna lantas bisa memindahkan atau memperbesar tampilan Spatial Persona pengguna lainnya tersebut ke berbagai titik di ruangan mereka. 

Ilustrasi fitur Spatial Persona di Apple Vision Pro.TechSpot Ilustrasi fitur Spatial Persona di Apple Vision Pro.

Menariknya, avatar dari Spatial Persona pengguna lain akan terlihat berpindah posisi sendiri seperti layaknya mereka berada di ruangan tersebut, misalnya seperti berpindah dari kursi meja makan ke kursi lainnya, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa terjadi berkat teknologi kecerdasan buatan (AI) dan fitur real-time movement tracking yang sudah tersemat di Vision Pro masing-masing pengguna. 

Selain itu, pengguna juga bisa duduk atau berdiri sejajar dengan pengguna lainnya lewat Spatial Persona, sekaligus menyaksikan konten yang sedang ditampilkan di depan layar mereka.

Beberapa konten ini bisa ditampilkan via fitur SharePlay, dan jenis konten yang bisa ditampilkan mencakup video, audio, konten Apple TV, hingga konten papan tulis virtual yang dijuluki dengan Freeform. 

Baca juga: Dijual Rp 54 Juta, Ongkos Produksi Headset AR Apple Vision Pro Cuma Setengahnya

Perlu dicatat, fitur Spatial Persona harus diaktifkan melalui menu "Spatial Persona" di aplikasi FaceTime pada perangkat Vision Pro. Jika tidak diaktifkan, maka pengguna hanya bisa melihat 

Supaya bisa melihat opsi baru tersebut, pengguna disarankan untuk memperbarui firmware alias sistem operasi (OS) Vision Pro mereka ke versi terbaru (visionOS 1.1.1), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Rabu (3/4/2024).

Apabila belum muncul, maka pengguna disarankan mematikan dan menyalakan kembali Vision Pro mereka setelah memperbarui visionOS ke versi teranyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechSpot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com