Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Ada Bug, Xiaomi Tunda Pembaruan Android 10 untuk Mi A3

KOMPAS.com - Ponsel Android One, biasanya akan mendapat pembaruan sistem operasi (OS) lebih dulu ketimbang perangkat Android lain. Namun, hal itu rupanya tak berlaku bagi perangkat Android One besutan Xiaomi, Mi A3. 

Sebab, setelah merilis pembaruan OS Android 10 secara over-the-air (OTA) beberapa waktu lalu, Xiaomi kembali menarik pembaruan Android 10 tersebut. 

Ini adalah ketiga kalinya perusahaan kembali menarik pembaruan yang sebelumnya telah digelontorkan. Walhasil, sistem operasi Mi A3 kini masih stuck di Android 9.0 (Pie) yang dirilis sekitar Agustus 2018 silam.

Sebuah tangkapan layar (screenshot) yang beredar di dunia maya, memperlihatkan bahwa pembaruan Android 10 itu ditarik kembali karena masih ada sejumlah masalah (bug) yang ditemukan.

Screenshot tersebut berisi percakapan seorang pengguna Xiaomi Mi A3 dengan pihak Xiaomi. Xiaomi pun membenarkan perihal penarikan kembali update Android 10 tersebut.  

"Karena kemungkinan ada sejumlah bug, pembaruan (Mi A3) ditarik kembali," ujar pihak Xiaomi membalas pertanyaan dari seorang pengguna.

Meski demikian tidak disebutkan seperti apa bug yang masih ditemukan pada pembaruan tersebut. 

Beberapa di antaranya, konon mencakup masalah performa ponsel secara keseluruhan, baterai yang jadi boros, hingga kendala di fitur kamera serta pemindai sidik jari (fingerprint).

Selain bug, pembaruan Android 10 untuk Mi A3 juga dilaporkan terus ditunda gara-gara wabah virus corona, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (15/4/2020). 

Hingga saat ini, belum ada informasi pasti kapan Mi A3 Xiaomi akan merilis pembaruan Android 10 yang "normal" tanpa ada bug.

Bagi Anda pengguna Mi A3 yang memang sudah dapat notifikasi update Android 10, ada baiknya untuk menunda untuk memperbarui perangkat Anda.

Hal tersebut tentunya untuk menghindari masalah yang bisa saja terjadi jika pembaruan dilakukan.

Sebagai informasi, pembaruan Android 10 untuk Mi A3 sendiri memang sudah ditunda sebanyak tiga kali. 

Pembaruan pertama sempat digelontorkan pada Februari lalu, sementara pembaruan kedua sempat dirilis kepada pengguna pada pertengahan Maret. Kemudian beberapa hari lalu, Xiaomi merilis pembaruan Android 10 sebelum kembali menariknya kembali. 

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/15/17150077/masih-ada-bug-xiaomi-tunda-pembaruan-android-10-untuk-mi-a3

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke