Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Vivo TWS Neo untuk Mendengarkan Musik, Nonton Film, dan Main Game

Mengusung slogan "Seamless Studio Sound", aksesori tersebut diklaim mampu menghadirkan pengalaman audio yang mulus, tanpa mengurangi kualitas suara yang didengarkan.

KompasTekno pun berkesempatan untuk menjajal kemampuan Vivo TWS Neo selama beberapa hari untuk beragam aktivitas, mulai dari mendengarkan musik, menonton video, melakukan panggilan telepon, hingga bermain game.

Perangkat yang kami jajal adalah varian berwarna Starry Blue. Varian warna lainnya yang dihadirkan Vivo adalah Moonlight White.

Desain elegan

Dari luar, aksesori audio tersebut tampak elegan. Cangkang pengisi daya TWS (charging box), berikut unit earphone-nya, dilapisi perpaduan warna biru gelap dan hitam dengan sentuhan mengilap.

Vivo TWS Neo juga mudah dibawa kemana-mana. Sebab, aksesori ini bentuknya ringkas dan hanya memiliki bobot 4,7 gram (unit earphone). Jika digabungkan dengan charging box, perangkat ini memiliki berat keseluruhan 45,7 gram.

Driver 14,2 mm dan latensi rendah

Dari segi spesifikasi, Vivo TWS Neo dibekali dengan chip Qualcomm QCC3046.

Unit earphone juga dibekali dengan driver berukuran 14,2 mm, dipadukan dengan transmisi HD standar CD dan 3 efek suara stereo, serta diafragma bio-fiber untuk menghasilkan kualitas audio yang mumpuni.

Suara yang dikeluarkan Vivo TWS Neo cenderung balanced di semua sektor dengan clarity yang cukup rapi. Kemungkinan kualitas suara tersebut dihasilkan berkat teknologi adaptive aptX yang dimiliki Vivo TWS Neo.

Saat digunakan untuk menonton video/film melalui YouTube dan Netflix, perangkat TWS ini pun memiliki kontrol delay yang baik. Gambar dan suara tetap sinkron menonton video dengan adegan dan suara yang temponya cepat seperti film aksi.

Lebih jauh, delay ini akan lebih mudah terasa saat digunakan untuk bermain game, khususnya game yang membutuhkan konsentrasi lebih seperti PUBG Mobile atau Call of Duty Mobile.

Untuk meminimalisasi tersebut, Vivo TWS Neo dapat secara otomatis berganti ke mode dengan latency yang lebih rendah, yakni 88ms, dengan bantuan teknologi AI Dynamic Low Latency. Mode ini berguna saat perangkat digunakan untuk video call atau bermain game.

Secara keseluruhan, Vivo TWS Neo memang cukup bagus digunakan untuk bermain game. Tidak terjadi disconnect secara tiba-tiba dan suara bisa ditransmisikan dengan mulus tanpa masalah.

Nyaman dipakai

Untuk segi kenyamanan, Vivo TWS Neo memiliki dua mikrofon yang juga mampu meredam suara bising (noise cancellation) saat melakukan panggilan suara.

Earphone ini juga dirancang agar pengguna masih bisa mendengar suara sekeliling untuk meningkatkan kewaspadaan saat berada di luar ruangan.

Selain itu, perangkat TWS tersebut juga dibekali dengan touch control yang terbilang lengkap di bagian earphone. Untuk menerima dan menutup panggilan telepon, pengguna cukup mengetuk dua kali di area kontrol sentuh.

Sementara jika ingin menolak panggilan yang masuk, cukup tahan area sentuh selama sekitar 1,5 detik. Volume panggilan juga bisa diatur dengan mengusap area kontrol ke atas atau ke bawah.

Fitur Find my TWS

Satu fitur menarik lainnya adalah "Find my TWS". Dengan fitur ini, pengguna bisa melacak Vivo TWS Neo langsung dari smartphone jika mereka lupa menaruhnya.

Nantinya, earphone akan mengirimkan sinyal suara ke ponsel apabila perangkat TWS sudah berada di dalam jangkauan.

Vivo TWS Neo juga dibekali dengan konektivitas Bluetooth 5.2, memungkinkan pengguna bisa lebih leluasa bergerak dan terus melakukan aktivitas mereka sembari mendengarkan musik dengan lancar.

Aspek ketahanan

Masuk ke aspek ketahanan, Vivo TWS Neo bisa digunakan secara non-stop selama 4 hingga 5,5 jam dalam satu kali pengisian penuh.

Jika digunakan dengan charging box, baterai Vivo TWS Neo bisa digunakan hingga sekitar 22,5 jam atau satu hari penuh.

Ketika habis, daya cangkang TWS bisa diisi melalui port USB Type-C. Daya unit earphone sendiri bisa diisi dengan hanya memasukkannya ke dalam charging box.

Dalam waktu pengisian sekitar 15 menit, pengguna bisa mendengarkan musik kurang lebih selama 2 jam.

Masih di sektor ketahanan, sama seperti perangkat TWS pada umumnya, Vivo TWS Neo pun sudah dibekali dengan sertifikat IP54 yang memiliki ketahanan terhadap percikan air ataupun keringat.

Dengan beragam spesifikasi dan fitur yang sudah disebutkan di atas, Vivo membanderol TWS Neo dengan harga Rp 1.099.000 di Indonesia.

Bagi peminat TWS dengan harga Rp 1 jutaan, perangkat ini bisa menjadi satu pilihan yang layak untuk dipertimbangkan untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/24/11000057/menjajal-vivo-tws-neo-untuk-mendengarkan-musik-nonton-film-dan-main-game

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke