Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Gerakan dan Fungsi Baru Air Action di S Pen Galaxy Note 20

Pena stylus tersebut kini memiliki latency hanya 9ms pada Galaxy Note 20 Ultra, jauh lebih singkat dibandingkan S Pen Note 10 sebelumnya yang sebesar 42ms.

Jeda antara sentuhan ujung pena di layar dan munculnya tulisan atau garis gambar pun jadi tak terasa. Tapi, bukan hanya itu saja letak peningkatan S Pen di Galaxy Note 20 series.

Samsung turut memperluas fitur Air Action sehingga kini bisa digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi navigasi perangkat tanpa harus menyentuh layar.

Caranya adalah dengan mengarahkan ujung pena S Pen ke layar (tidak menyentuh), menekan dan menahan tombol di stylus, kemudian melakukan salah satu dari lima gerakan sebagaimana tampak dalam gambar di bawah.

Dua lainnya adalah "Smart Select" untuk menangkap screenshot di area yang dipilih dengan S Pen, dan "Screen Write" untuk mengambil tangkapan layar, kemudian menggambar di atasnya.

Seperti halnya tombol S Pen yang bisa diatur sebagai shortcut untuk memanggil aplikasi tertentu, pengguna pun bebas menentukan fungsi apa yang dijalankan oleh gerakan-gerakan ini. Gestur Air Actions pun bisa dibuat menjalankan aplikasi tertentu sesuai keinginan.

Di luar itu, S Pen juga dapat digunakan sebagai "remote" untuk aplikasi kamera dan media playback. Pengguna bisa menjepret foto dari kejauhan dengan menekan tombol di S Pen.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Kamis (13/8/2020), aneka fungsi S Pen di atas dimungkinkan karena pena stylus ini memiliki accelerometer dan gryoscope terintegrasi untuk mendeteksi arah ayunan tangan pengguna.

S Pen tersambung dengan Galaxy Note 20 series melalui koneksi nirkabel Bluetooth LE. Baterai di dalamnya akan diisi secara otomatis saat S Pen dimasukkan ke dalam kompartemen penyimpan di sisi bawah ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/13/10110017/mengenal-gerakan-dan-fungsi-baru-air-action-di-s-pen-galaxy-note-20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke