Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peramban Chrome di Android Bakal Lebih Hemat Baterai

Seperti namanya, Tab Throttling secara otomatis akan menon-aktifkan tab browser yang terbuka, tapi lama tak ditengok oleh pengguna. Dengan demikian, sumberdaya perangkat seperti memori pun jadi tidak tersita. Ujung-ujungnya, pemakaian baterai bisa lebih hemat.

"Kami melihat peningkatan di kecepatan loading, sekaligus penghematan baterai dan memori," ujar Max Christoff, Engineering Director Chrome, dalam sebuah posting blog berisi penjelasan untuk fitur terkait.

Fitur Tab Throttling untuk sementara baru tersedia di Chrome beta untuk Android dan Chromebook, tapi juga dijanjikan akan datang ke platform lain. Tab Throttling bakal dihadirkan pada Chrome versi 86, menyusul versi 85 yang dirilis pekan lalu. 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (2/9/2020), fitur baru lain yang juga menarik untuk pengguna Android adalah kemampuan berbagi tautan dalam bentuk QR Code, juga berpindah ke tab yang sedang aktif dengan mencarinya di kolom alamat URL.

Google turut bereksperimen dengan fitur Autocomplete di kolom alamat Chrome. Ketimbang hanya menyelesaikan pengetikan URL situs yang sudah pernah dikunjungi, Autocomplete bakal bisa langsung menuju ke laman spesifik dari situs yang bersangkutan.

Sebelumnya, di Chrome versi 85 keluaran minggu lalu, Google menerapkan serangkaian pembaruan yang antara lain meningkatkan kecepatan loading laman sebesar 10 persen, kemudian pengguna juga bisa menutup semua kelompok tab dalam sekali klik.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/02/19070057/peramban-chrome-di-android-bakal-lebih-hemat-baterai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke