Salin Artikel

YouTube Rilis Shorts, Fitur Video Pendek Pesaing TikTok

Desas-desus kehadiran Shorts pertama kali terdengar sejak April lalu, ketika CEO YouTube Susan Wojcicki mengungkap kehadiran fitur video pendek pada aplikasi besutannya.

"Videonya sungguh-sungguh singkat, kurang lebih 15 detik ... itu adalah durasi yang tentu menarik untuk dilihat," kata Wojcicki.

Seperti fitur Reels milik Instagram, Shorts hadir untuk menjadi pesaing TikTok. Shorts memungkinkan pengguna untuk mengunggah video pendek berdurasi 15 detik dengan cuplikan lagu-lagu populer sebagai musik latar belakang.

Setelah merekam video dan menambah musik, pengguna dapat mengunggahnya untuk bisa disaksikan oleh pengguna lain.

Nantinya, pengguna akan mendapati sebuah beranda baru pada laman YouTube, yang serupa dengan halaman "For You" pada TikTok. Beranda ini dikhususkan untuk menampilkan video-video pendek kreasi para pengguna fitur Shorts.

"Kami ingin kreator mobile generasi berikutnya bisa menumbuhkan komunitas baru di YouTube lewat Shorts," tulis YouTube dalam sebuah laman berisi pengumuman soal fitur video pendek tersebut.

Shorts rencananya juga akan dirilis ke aplikasi YouTube di iOS, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (15/9/2020).  Belum ada informasi kapan aplikasi ini bakal hadir di negara lain.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/15/08100057/youtube-rilis-shorts-fitur-video-pendek-pesaing-tiktok

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.