Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesawat Boeing B737 Max Boleh Terbang Lagi di Eropa

EASA menyatakan puas dengan perubahan yang dilakukan oleh Boeing terhadap B737 MAX, sehingga pesawat dinyatakan aman untuk kembali terbang di langit Eropa, bahkan sebelum akhir 2020.

Meski demikian, EASA meminta Boeing melakukan sejumlah upgrade lagi untuk menambah keamanan, dan permintaan itu diperkirakan baru bisa dipenuhi Boeing dalam dua tahun ke depan.

"Analisis kami menyatakan ini aman, dan tingkat keamanan yang dicapai sudah cukup tinggi bagi kami," kata Patrick Ky, Executive Director EASA dalam sebuah wawancara.

"Saran kami kepada Boeing adalah, jika ada sensor ketiga maka tingkat keamanannya bisa lebih tinggi lagi," lanjutnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (16/10/2020).

Ky mengatakan, pihaknya kini sedang mereview dokumen akhir sebelum menerbitkan izin kelayakan terbang, yang diharapkan keluar bulan depan.

Diketahui, EASA melakukan serangkaian pengujian terhadap B737 MAX pada September lalu, setelah Boeing membuat sejumlah perubahan pada pesawat narrow body generasi terbarunya itu.

Salah satunya perubahan dalam software Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS), yang kini tak hanya mengandalkan satu, melainkan dua sensor input ke komputer pesawat.

Pesawat Boeing 737 MAX dilarang terbang di seluruh dunia menyusul dua kecelakaan berturut-turut, yakni Lion Air JT610 pada Oktober 2018 dan Ethiopian ET302 pada Maret 2019, yang menewaskan lebih dari 300 penumpang dan kru.

Otoritas penerbangan AS, Federal Aviation Administration (FAA), kemudian memberlakukan larangan terbang (grounded) pada B737 MAX di seluruh dunia, karena diduga keduanya jatuh akibat faktor yang sama, yakni software MCAS.

Boeing kemudian mengajukan sejumlah perbaikan pada software MCAS, dan membuat panduan pelatihan baru bagi pilot-pilot yang menerbangkan B737 MAX.

FAA dan EASA telah melakukan evaluasi terhadap pembaruan tersebut pada September 2020 lalu. Kini keduanya sedang melakukan evaluasi dari hasil pengujian.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/16/18300047/pesawat-boeing-b737-max-boleh-terbang-lagi-di-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke