Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dibongkar, Kapasitas Baterai iPhone 12 Pun Terungkap

Di lini iPhone 12 misalnya, Apple merahasiakan kapasitas baterai. Beberapa waktu lalu, sebuah dokumen dari lembaga sertifikasi asal Brasil mengungkap kapasitas baterai iPhone 12 adalah 2.815 mAh.

Belakangan, informasi ini diperkuat oleh sebuah video teardown yang membongkar jeroan iPhone 12. VIdeo berjudul "Apple iPhone 12-Teardown" di kanal YouTube Black MOB itu mungkin adalah adalah yang pertama kali memperlihatkan pembongkaran iPhone 12.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (25/10/2020), iPhone 12 yang dipreteli di video adalah varian warna Pacific Blue. Saat sisi layar dibuka, tampak susunan komponen dalam iPhone 12, seperti baterai, motherboard, dan modem 5G.

Pada bagian baterai, tertera jelas keterangan kapasitasnya, yakni 2.815 mAh, sesuai isi di dokumen sertifikasi Brasil. Angka itu 10 persen lebih kecil dari iPhone 11 yang memiliki kapasitas baterai 3.110 mAh.

Video teardown turut memperlihatkan Layar OLED 6,1 inci di iPhone 12 lebih tipis ketika disandingkan dengan iPhone 11. Begitu pula dengan taptic engine di iPhone 12 lebih kecil dibanding iPhone 11. iPhone 12 menggunakan logic board berbentuk huruf "L".

Bagian yang menarik adalah penampakan cincin magnet yang berfungsi merekatkan aksesori MagSafe, termasuk charger nirkabel baru yang diperkenalkan Apple. Pengisi daya ini memiliki keluaran 15 watt.

Tampak sebuah kumparan dan bagian cincin yang di atasnya terdapat susunan magnet melingkar. Apple mengatakan MagSafe kompatibel dengan semu model iPhone terbaru, yakni iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone Pro, dan iPhone Pro Max.

Namun, belakang diketahui bahwa ternyata juga bisa berfungsi untuk beberapa ponsel Android, seperti Galaxy Z Fold 2 dan Google Pixel 5. Video pembongkaran iPhone 12 selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

https://www.phonearena.com/news/First-iPhone-12-teardown-confirms-smaller-battery-flaunts-the-ingenious-MagSafe-coil_id127977

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/25/12020087/dibongkar-kapasitas-baterai-iphone-12-pun-terungkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke