Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi: Indonesia Butuh Lebih Banyak Software Engineer dan Kreator Konten

"Kita perlu lebih banyak lagi software engineer, product designer, dan content creator sebanyak-banyaknya," jelas Jokowi dalam acara #Google4ID yang disiarkan secara online lewat YouTube, Rabu (18/11/2020).

Presiden mengatakan, pengembangan SDM di bidang IT tidak bisa ditunda lagi. Namun, pemerintah tidak mampu melakukannya sendiri. "Harus dilakukan bersama-sama, baik pemerintah, perguruan tinggi, maupun swasta," imbuh Jokowi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi ekonomi digital sebesar 124 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.750 triliun (kurs rupiah saat berita ini ditulis) pada tahun 2025.

Airlangga turut memberikan apresiasinya kepada Google yang disebutnya mendukung pemerintah selama ini, terutama dengan program digital.

"Khususnya dalam pelatihan digital dan pembiayaan berbunga rendah senilai 10 juta dollar AS kepada UMKM," ujar Airlangga.

Di Indonesia, Google memiliki beberapa program untuk mengembangkan kemampuan digital. Sebagai contoh yaitu JuaraGCP, sebuah program untuk belajar mengembangkan aplikasi, analisis data, dan machine learning di Google Cloud.

Google juga telah melatih 1.000 peserta melalui program Digital Talent Scholarship, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain itu, ada pula program Bangkit, di mana Google bekerja sama dengan startup besar di Indonesia, seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengembangkan skill teknis di bidang pemrograman.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/18/11220037/jokowi-indonesia-butuh-lebih-banyak-software-engineer-dan-kreator-konten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke