Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemain Genshin Impact di Android, iOS, PC, dan PS4 Bisa "Mabar", Begini Caranya

Seperti namanya, mode ini memungkinkan empat orang bermain bersama-sama dalam dunia "Teyvat" secara online, tentunya dengan perangkat masing-masing.

Menariknya, mode Co-Op di game ini juga mendukung cross-play. Artinya, pemain PC, Android, iOS, dan PS4 bisa bermain bersama-sama tanpa dalam satu arena asalkan masih dalam server yang sama.

Meski demikian, ada beberapa syarat yang harus diketahui sebelum pengguna jalan berbarengan di Genshin Impact.

Pertama-tama, tingkat petualangan (Adventure Rank/AR) pengguna minimal harus berada di level 16. Sebab, mulai level itu lah mode Co-Op bisa terbuka dan dimainkan.

Level AR sendiri bisa dinaikkan secara perlahan dengan menyelesaikan beragam misi (quest). Lantas, bagaimana cara mengakses mode Co-Op tersebut?

Selain lewat ikon "Paimon", pengguna juga bisa mengklik ikon pintasan "Co-Op Mode" yang terletak di sebelah kanan ikon yang menyerupai "mata", sebagaimana tampak pada gambar di sebelah kiri di atas.

Setelah meng-klik ikon mode Co-Op, pengguna bisa melihat sejumlah pemain yang sedang online, lengkap dengan detail nama dan levelnya.

Di sini, mereka bisa meng-klik tombol "Request to Join" untuk bermain bersama orang yang dipilih.

Namun, apabila pengguna ingin bermain bersama teman yang sudah memiliki akun Genshin Impact dengan level AR 16 di server yang sama, mereka bisa memasukkan user ID (UID) temannya kolom yang tersedia. Kemudian, klik tombol "Search" dan "Request to Join".

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal dialihkan ke dunia Teyvat milik pemain yang menjadi host.

Lantas, bagaimana jika pengguna ingin menjadi host? Genshin Impact sendiri tidak menyediakan tombol atau menu khusus untuk menjadi host dalam mode Co-Op.

Nah, triknya adalah pengguna bisa meminta kerabatnya masing-masing untuk memasukkan UID host di tampilan Co-Op tadi. Sehingga nantinya pengguna bisa menjadi host ruangan.

Permainan dimulai

Apabila telah memilih teman main, para pemain akan dikumpulkan dalam satu peta (map) yang sama.

Di sini, pemain hanya bisa menggunakan fitur percakapan (chat) untuk berkomunikasi. Fitur percakapan suara (voice chat) belum tersedia di game ini.

Terlepas dari itu, sama seperti mode reguler, mode Co-Op sendiri mengizinkan pemain membentuk satu tim (party) yang maksimal berisikan empat karakter.

Apabila yang berpartisipasi dalam party ada dua pemain, maka mereka masing-masing bisa menggunakan dua karakter yang bisa dimainkan.

Kemudian, apabila ada tiga pemain, maka host akan kebagian dua karakter yang bisa dimainkan, sementara dua lainnya bakal dibagi rata ke dua pemain. Terakhir, apabila ada empat orang, maka pemain hanya bisa memilih masing-masing satu karakter.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Fandom, Minggu (6/12/2020), pemain bisa membasmi beragam monster yang tersebar di penjuru peta, memasak, berburu sumber daya, dan lain sebagainya.

Perlu dicatat, pengguna tidak bisa menyelesaikan misi yang berhubungan dengan cerita (Story Quest) bersama-sama di mode Co-Op.

Sebagai gantinya, mereka bisa menelusuri berbagai misi lainnya yang tidak ada hubungannya dengan jalan cerita Genshin Impact, seperti World Quest, misi ekstra (Commission), Elemental Crucible, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana jika pengguna ingin keluar dari mode Co-Op dan melanjutkan Story Quest seperti sedia kala? Pemain bisa kembali mengunjungi menu "Co-Op Mode" dan meng-klik tombol "Leave Team".

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/06/20020047/pemain-genshin-impact-di-android-ios-pc-dan-ps4-bisa-mabar-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke