Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Didesak Jual iPhone 12 Disertai Charger

KOMPAS.com - Lini iPhone 12 memang dijual tanpa disertai charger dan earphone dalam kotak pembelian. Ini pertama kalinya Apple menjual iPhone tanpa kedua aksesori tambahan tersebut.

Pembeli hanya akan mendapatkan kabel konverter (Lightning-to-USB-C) dan sebuah ponsel saja. Dengan demikian, pengguna seolah "dipaksa" untuk membeli kepala charger atau earphone secara terpisah.

Kendati begitu, kebijakan Apple untuk tidak menyertakan charger dalam kotak pembelian nampaknya tak akan berlaku di wilayah Brasil.

Pasalnya, baru-baru ini, Badan Perlindungan Konsumen dari Negara Bagian Sao Paulo, Brasil, Procon-SP mendesak Apple untuk memasukkan aksesori tersebut dalam kotak kemasan iPhone 12 series.

Sebelumnya pada Oktober lalu, Procon-SP sempat menyurati Apple untuk mengklarifikasi terkait alasan, mengapa charger dan earphone tidak disertakan dalam paket pembelian iPhone 12.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Senin (7/12/2020), Procon-SP juga meminta Apple untuk memberi bukti nyata, apakah kebijakannya tersebut benar-benar relevan dan dapat menguntungkan konsumennya atau tidak.

Menanggapi hal tersebut, Apple merespons pernyataan Procon-SP dengan argumen bahwa sebagian besar pengguna sudah memiliki charger dari iPhone lawas, yang kompatibel dengan iPhone 12.

Apple juga mengatakan bahwa pihaknya sengaja menghilangkan kedua aksesori tersebut dengan alasan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Berbanding terbalik, Procon-SP justru menentang dan beranggapan bahwa charger adalah komponen penting yang harus didapatkan konsumen ketika membeli produk smartphone.

Apabila Apple tetap mempertahankan kebijakannya, maka iPhone yang dijual dan dipasarkan tersebut dinilai melanggar aturan perlindungan konsumen Brasil.

Meski permintaan ini sudah diajukan oleh Procon-SP kepada Apple, namun Lembaga Konsumen Nasional Brasil masih mempertimbangkan untuk memaksa Apple menjual iPhone dengan kelengkapan charger dalam kotak pembelian.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/07/07060087/apple-didesak-jual-iphone-12-disertai-charger

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke