Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Italia Minta TikTok Blokir Pengguna Setelah Kematian Gadis 10 Tahun

Dalam pernyataanya, regulator mengatakan walaupun TikTok telah melarang anak-anak di bawah usia 13 tahun membuat akun di platformnya, namun tidak mudah menegakkan aturan tersebut.

Walhasil, TikTok diminta untuk memblokir akun pengguna yang belum terverifikasi di Italia, hingga 15 Februari mendatang, sembari menunggu instruksi regulator Italia lebih lanjut.

Permintaan ini dibuat setelah seorang gadis berusia 10 tahun di Palermo, Sisilia, tewas karena mengikuti tantangan di TikTok yang disebut blackout challenge.

Dalam tantangan tersebut, pengguna diminta melilitkan ikat pinggang di leher dan menahan napas, sambil merekam dirinya dengan ponsel. Malang, gadis tadi mengalami asphyxiation (sesak napas) saat mengikuti challenge, sebelum akhirnya meregang nyawa.

"TikTok adalah dunianya, dan juga YouTube. Begitu caranya untuk menghabiskan waktu," kata Ayah korban, Angelo Sicomero yang dikutip Reuters dari koran lokal, Corriere della Sera.

Perwakilan TikTok Italia mengatakan sedang melakukan komunikasi dengan regulator di Italia, dan mendalaminya.

"Privasi dan keamanan adalah prioritas mutlak TikTok dan kami terus bekerja untuk menguatkan kebijakan, proses, dan teknologi kami untuk melindungi komunitas kami dan pengguna yang lebih muda khususnya," jelas perwakilan TikTok, dihimpun KompasTekno dari Reuters, Senin (25/1/2021).

Seperti di kebanyakan negara, TikTok semakin populer di kalangan remaja Italia. Sementara itu, penegak hukum telah membuka investigasi terkait kemungkinan hasutan bunuh diri, dan mencari tahu apakah ada seseorang yang mengajak gadis malang itu untuk melakukan blackout challenge.

"Pengawas memutuskan untuk melakukan intervensi karena masalah yang mendesak, menyusul kasus mengerikan gadis berusia 10 tahun dari Palermo," kata perwakilan pihak berwenang Italia.

Setelah kejadian tersebut, TikTok dilarang memproses lebih lanjut data pengguna yang usianya belum bisa dipastikan, dan yang tidak mematuhi ketentuan terkait syarat usia.

Dengan begitu, akun pengguna yang belum terverifikasi tidak akan lagi bisa mengunggah video atau berinteraksi dengan pengguna lainnya di aplikasi buatan ByteDance itu.

Pada Desember lalu, TikTok juga menjadi sorotan karena dianggap banyak memuat konten kekerasan. TikTok dinilai gagal melindungi pengguna di bawah umur.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/25/07042217/italia-minta-tiktok-blokir-pengguna-setelah-kematian-gadis-10-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke