Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mode Gelap Kini Bisa Dijajal Semua Pengguna Facebook, Begini Caranya

Kini, fitur mode gelap di aplikasi Facebook sudah merata ke semua pengguna. Sementara mode gelap versi web sudah dirilis lebih dulu oleh Facebook.

Adapun cara menyetel mode gelap di aplikasi Facebook cukup mudah. Pertama, buka menu dengan mengetuk ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas. Kemudian gulir ke bawah lalu pilih "Settings & Privacy (pengaturan & privasi)" yang berada di atas menu "log out (keluar)".

Lalu, pilih "Dark Mode (mode gelap)", lanjutkan dengan memilih "on" untuk mengaktifkan mode gelap di aplikasi Facebook.

Selain mengaktifkannya secara manual lewat aplikasi, mode gelap di aplikasi Facebook juga bisa diatur otomatis menyesuaikan pengaturan sistem perangkat yang sedang digunakan pengguna.

Sementara, beberapa ikon masih bewarna sama, seperti ikon fitur "Live" yang bewarna merah, "photo" yang bewarna hijau", dan "check in" yang bewarna merah.

Untuk membedakan, ikon menu yang sedang dibuka akan berubah menjadi warna biru khas Facebook. Begitu pula dengan ikon "like", "love", dan emoji.

Cara menyalakan mode gelap di Facebook versi web pun mudah. Cukup klik tombol menu bergambar panah ke bawah di pojok kanan atas, pilih "Display & Accessibility", kemudian nyalakan toggle Dark Mode.

Mode gelap menjadi tren di berbagai media sosial beberapa tahun belakang. Sebelum Facebook, platform lain di bawah payung Facebook Inc, seperti Messenger, Instagram dan WhatsApp lebih dulu mendapatkan mode gelap.

Dark mode diyakini bisa lebih nyaman untuk mata pengguna, terutama saat membuka aplikasi di ruangan minim cahaya.  Tampilan serba gelap ini juga bisa menghemat baterai, terutama di perangkat yang menggunakan layar OLED.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/08/12080087/mode-gelap-kini-bisa-dijajal-semua-pengguna-facebook-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke