Salin Artikel

Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo A54

KOMPAS.com - Akhir Maret 2021 lalu, Oppo resmi meluncurkan smartphone seri A terbarunya, Oppo A54 di pasar Indonesia. Ponsel ini merupakan suksesor dari Oppo A53 yang dirilis di Tanah Air pada Agustus 2020 lalu.

Salah satu perbedaan antara Oppo A54 dengan Oppo A53 terletak di kapasitas memori internal. Oppo A54 memiliki konfigurasi 4 GB/128 GB, lebih besar dibanding 4 GB/64 GB di A53.

Dari segi display, Oppo A53 dan A54 sebenarnya sama-sama mengadopsi layar IPS LCD dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi HD Plus. Hanya saja refresh rate Oppo A53 lebih tinggi dengan angka 90Hz, sedangkan Oppo A54 masih mentok di 60Hz.

Harga kedua ponsel juga berbeda. A54 sedikit lebih mahal dengan banderol Rp 2,7 juta, sedangkan A53 dilego seharga Rp 2,5 juta. Selain memori dan harga, spesifikasi kedua ponsel terbilang identik, begitu juga dengan penampilan mereka.

Dengan harga tersebut apa saja yang ditawarkan Oppo A54? Apabila berminat untuk membeli, tidak ada salahnya melihat dulu bagaimana wujud dan spesifikasi Oppo A54 di ulasan berikut.

Box Oppo A54 pun terlihat tampak simpel. Bagian depannya hanya memperlihatkan wujud layar ponsel berikut tulisan Oppo A54.

Sisi luar kotak didominasi warna putih. Di bagian pojok kiri atas terulis angka kapasitas RAM dan memori internal (4 GB/128 GB) dengan ukuran yang kecil.

Isi di dalam kotak kemasan terbilang cukup lengkap. Selain unit ponsel Oppo A54, ada serangkaian aksesori lain, yaitu charger, buku panduan dan kartu garansi, SIM card ejector tool, serta casing silikon transparan bodi ponsel.

Di pojok kiri atas tersemat punch hole atau lubang kamera untuk menampung kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0). Bingkai layar yang di sisi kiri, kanan, dan atas terbilang cukup tipis. Sementara bagian bawahnya masih sedikit lebih tebal.

Beralih ke bagian belakang, punggung Oppo A54 terbuat dari bahan plastik dengan teksur yang sedikit kesat sehingga tidak terasa licin ketika digenggam.

Menariknya, bodi belakang Oppo A54 memiliki perpaduan gradasi warna mirip pelangi yang semakin menunjukkan kesan simple dan elegan ketika pertama kali dilihat.

Di sisi ini terdapat modul berbentuk persegi yang memuat tiga buah kamera berikut LED Flash. Lingkaran keempat bukan lensa kamera, melainkan hanya memuat tulisan "AI".

Ketiga kamera belakang A54 pun memiliki konfigurasi serupa dengan A53, terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2), kamera macro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Oppo A54 memiliki bodi yang cukup ramping dengan dimensi 163,6 x 75,7 x 8,4 mm. Dengan bobot 192 gram, Oppo A54 juga lumayan ringan saat digenggam.

Ponsel ini menggunakan tipe konektor USB Type-C yang diletakkan di sisi bawah perangkat, sejajar dengan speaker dan audio jack 3,5mm.

Di bawah laci kartu SIM, tertanam tombol pengatur volume. Jika dilihat di sisi atas bodi ponsel, Oppo A54 tidak menyematkan tombol fisik apa pun.

Spesifikasi Oppo A54

Oppo A54 turut dibekali chip Mediatek Helio P35 dan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh (Fast Charging 18 Watt). Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 10 yang dilapisi tampilan antarmuka khas Oppo, ColorOS 7.2.

Fitur lainnya mencakup AI Face Unlock, Sertifikasi ketahanan terhadap cipratan IPX4, Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, AI Scene Recognition, Ultra Night Mode, Dazzle Color Mode, dan dedicated slot microSD 256 GB.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/14/11000047/unboxing-dan-kesan-pertama-menggenggam-oppo-a54

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.