Salin Artikel

Menjajal TWS Oppo Enco Buds untuk Main Game dan Mendengarkan Musik

KOMPAS.com - Oppo resmi memasarkan aksesori audio true wireless (TWS) teranyarnya, Oppo Enco Buds, di Indonesia.

Secara desain, aksesori berwarna putih ini mengusung form factor menyerupai Realme Buds Q, Samsung Galaxy Buds, dan Mi True Wireless Earbuds Basic.

Artinya, cangkang (case) earbuds Oppo ini berbentuk kapsul, sedangkan earbuds-nya sendiri mengusung desain lonjong membulat dengan masing-masing ujungnya (eartips) dibungkus dengan karet silikon.

Di cangkangnya sendiri, terdapat lampu indikator yang bisa berubah menjadi hijau, pertanda cangkang sedang mengisi daya earbuds, dan merah yang menandakan daya cangkang atau earbuds akan habis.

Ada pula stiker informasi yang menampilkan nomor serial Enco Buds dan daya yang dikeluarkan cangkang untuk proses pengisian earbuds, serta konektor USB tipe-C yang bisa digunakan untuk mengisi daya cangkang tersebut.

Beralih ke earbuds, di permukaannya terdapat touchpad yang sepenuhnya berbentuk elips.

Touchpad ini memiliki fungsi beragam, seperti satu kali ketukan untuk menjeda pemutaran musik, dua kali ketukan untuk memainkan lagu selanjutnya, tiga kali ketukan untuk mengaktifkan Mode Game, dan lain sebagainya.

Ketika pertama kali digunakan, Oppo Enco Buds ini bisa dibilang nyaman dipakai. Sebab, karet silikonnya mampu membuat eartips terasa menempel dengan permukaan kulit, sehingga earbuds tak mudah jatuh ketika berolahraga atau berkeringat.

Terkait keringat, pengguna tampaknya tak perlu khawatir akan hal tersebut. Sebab, Enco Buds memiliki ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP54.

Selain itu, karena memiliki bobot hanya 4 gram, Enco Buds ini cukup ringan dan tidak memberatkan telinga.

Beralih ke segi konektivitas, cara menyambungkan earbuds ini juga terbilang mudah.

Pengguna cukup mengaktifkan fitur Bluetooth di smartphone masing-masing dan mereka tinggal mencari dan menghubungkan Enco Buds yang tertera di daftar perangkat terdekat.

Lantas, bagaimana dengan kualitas suaranya? Dalam pengujian singkat, aksesori audio nirkabel ini bisa dibilang memuaskan, dengan menghasilkan suara yang cukup tajam dan halus tanpa "menusuk" gendang telinga.

Efek bass yang dihasilkan terbilang cukup, alias tidak buruk, tidak juga terlalu baik.

KompasTekno juga menjajal Enco Buds ini untuk bermain game dan berkomunikasi dengan para kerabat kami dengan Mode Game aktif.

Hasilnya, kami merasakan tidak ada delay yang berarti dan aksesori ini masih bisa dipakai dengan baik meski jauh dari perangkat yang terhubung (maksimal 10 meter).

Oppo Enco Buds sendiri memiliki daya 40 mAh. Untuk penggunaan, Oppo mengklaim earbuds tersebut mampu menemani pengguna mendengar musik hingga 6 jam dalam satu kali pengisian.

Cangkangnya sendiri memiliki daya cadangan ekstra 400 mAh untuk mengisi daya earbuds, supaya pengguna bisa mendengarkan musik hingga 24 jam.

Dalam pengujian KompasTekno, Enco Buds ternyata bisa dipakai dari pagi hingga sore hari tanpa harus mengisi daya atau memasukkan earbuds ke dalam cangkang.

Tertarik menjajalnya? Pengguna bisa mendapatkan Enco Buds di situs web Oppo.com dengan harga Rp 600.000.

Pengguna yang membeli Oppo Enco Buds bakal mendapatkan tiga pasang karet silikon eartips yang memiliki ukuran berbeda, serta buku pemakaian dan panduan keselamatan.

Perlu dicatat, pengguna tidak akan mendapatkan kabel data USB tipe-C untuk mengisi daya cangkang Enco Buds dalam kotak penjualan. Dengan kata lain, pengguna harus memakai kabel data yang mereka miliki.

Nah, sebagai pertimbangan untuk membeli, simak galeri foto yang menampilkan wujud Enco Buds dari segala sisi, begitu juga kelengkapan dalam kotak penjualannya, di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/15/20050017/menjajal-tws-oppo-enco-buds-untuk-main-game-dan-mendengarkan-musik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.