Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Disebut Tak Lagi Produksi iPhone 12 Mini

Bukan karena modelnya sudah usang, mengingat iPhone 12 Mini baru dirilis tahun 2020 lalu bersama model iPhone 12 series lain. Produksi iPhone 12 Mini disetop karena penjualannya dinilai kurang memuaskan.

Laporan TrendForce mengungkap bahwa penjualan iPhone 12 Mini paling rendah dibanding model iPhone 12 lainnya. Hal itu membuat Apple akan fokus untuk menggenjot penjualan model iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Sayangnya, TrendForce tidak merinci berapa penjualan iPhone 12 Mini. Namun, menurut laporan Counterpoint Research, pada kuartal I-2021, iPhone 12 Mini hanya menyumbang lima persen dari total penjualan Apple.

Khusus di Amerika Serikat, yang notabene salah satu pasar terbesar Apple, iPhone 12 Mini hanya menyumbang enam persen dari total penjualan iPhone 12 selama periode Oktober-November 2020 menurut laporan Consumer Intelligence Research Partners.

Model paling laris adalah iPhone12 yang menyumbang angka 27 persen.

Saat ini, iPhone 12 Mini masih dijual di situs resmi Apple.com, termasuk di distributor resmi Apple di Indonesia seperti iBox. Hanya saja tinggal tersedia beberapa varian memori dan warna saja.

Berakhirnya produksi iPhone 12 Mini menguatkan laporan yang dirilis oleh J.P Morgan bulan Februari lalu, di mana catatan itu menyebut Apple berencana menghentikan beberapa produksi di kuartal ini.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (22/6/2021), Apple belum mengonfirmasi hal ini. iPhone 12 Mini kemungkinan akan berhenti produksi secara resmi pada bulan September, berdekatan dengan peluncuran lini iPhone 13.

Kabarnya, produksi model iPhone 12 lain yakni iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max juga disebut akan ikut disetop. Begitu pula dengan iPhone XR.

Kemungkinan, penjualan iPhone 12 Mini yang kurang memuaskan membuat Apple akan berpikir ulang untuk menjual perangkat dengan desain layar mungil. Kabarnya, Apple akan mengganti model iPhone 5,4 inci seperti yang dimiliki iPhone 12 Mini, dengan iPhone flagship yang lebih murah di tahun 2022.

Menurut rumor, flagship murah tersebut adalah iPhone 14 Max yang akan memiliki layar jauh lebih luas yakni 6,7 inci.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/22/09583147/apple-disebut-tak-lagi-produksi-iphone-12-mini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke