Salin Artikel

Menjajal Instagram Reels, Apa Bedanya dengan TikTok?

KOMPAS.com - Fitur perekaman video pendek, Instagram Reels resmi hadir di Indonesia. Reels merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram dapat merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik.

Instagram Reels disebut-sebut mirip seperti jejaring sosial TikTok. Meski keduanya nampak identik, namun TikTok dan Instagram Reels memiliki sejumlah perbedaan, misalnya dari segi durasi konten yang ditawarkan.

Ada juga kesamaan antara TikTok dan Instagram Reels. Selengkapnya, simak ulasan singkat KompasTekno tentang perbedaan dan kesamaan TikTok dan Instagram Reels berikut ini.

TikTok dan Instagram Reels mempunyai sejumlah kesamaan, salah satunya adalah tab yang berisi kumpulan video-video pendek. Tampilan antarmukanya pun mirip dengan halaman "For Your Page" (FYP) yang ada di aplikasi TikTok.

Sama seperti FYP, pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain, serta mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Tab ini juga muncul di halaman pertama ketika pengguna Instagram pertama kali membuka fitur Reels.

Konten yang diunggah pun bisa dikomentari seperti video TikTok. Pengguna bisa memberikan likes, menyimpan, dan meneruskan (forward) konten tersebut ke teman-teman. Penempatan tombol like, comment, share, dan lain-lain juga berada di sisi kanan video.

Bedanya, di Instagram Reels, foto profil akun pembuat konten berada di bagian kanan bawah. Sementara di TikTok, foto profil pengguna terletak di atas tombol Likes.

2. Tampilan tab berbeda

Perbedaan berikutnya antara TikTok dan Instagram Reels adalah dari segi tampilan. Meski sama-sama memiliki empat tab, namun susunan tab dari kedua layanan ini berbeda.

Keempat tab di Instagram Reels terdiri dari Home, Search, Shop, dan Profil. Sementara TikTok memiliki empat tab yang mencakup Home, Search, Inbox, dan Profil.

Saat pertama kali membuka Instagram Reels, pengguna akan langsung disuguhkan dengan berbagai konten video pendek yang diunggah di tab khusus.

Sedangkan TikTok, langsung memunculkan preview video di halaman FYP. Ada dua menu di FYP yang bisa dipilih oleh pengguna TikTok, yaitu "For You" dan "Following".

Instagram Reels juga didominasi dengan warna terang (White), sementara TikTok dibalut dengan nuansa gelap (Black).

Pada menu perekaman video, baik TikTok maupun Instagram Reels sama-sama dibekali dengan sejumlah tools.

Instagram Reels memiliki sejumlah tools di antaranya yaitu, layout, timer, speed, efek, dan touch up. Sedangkan di TikTok, tersedia beberapa tools yang mencakup, timer, beautify, speed, filter, efek, dan durasi yang bisa diatur yaitu 15 atau 60 detik.

Untuk membuat video TikTok, pengguna cukup menekan ikon (+) di bagian tengah bawah. Sementara di Instagram Reels, pengguna cukup menekan ikon berbentuk movie clip di bagian tengah, lalu klik ikon kamera untuk membuat konten video.

Pengguna TikTok dan Instagram Reels bisa memilih opsi, apakah ingin merekam video secara langsung atau mengambil dari galeri ponsel.

Sebelum ke tahap editing, pengguna TikTok dan Instagram Reels bisa memasukkan video lebih dari satu, dengan cara menekan tombol "Add" (Instagram Reels) dan "Add Videos" (TikTok).

Setelah video dipilih, pengguna TikTok maupun Instagram Reels dapat memotong klip video sesuai durasi yang diinginkan.

Sebelum diunggah, konten video Reels dan TikTok bisa ditambahi dengan efek, stiker, musik, dan lain sebagainya.

Kendati begitu, susunan tools editing dari keduanya berbeda. Instagram Reels memiliki tools yang terdiri dari Audio Controls, Voice Over, Filters, Stickers, Brush, dan Text.

Sedangkan TikTok mencakup Filters, Voice Effects, Voice Over, Trim, Volume, Sounds, Effects, Text, dan Stickers.

Jika semua tahapan editing selesai, pengguna TikTok maupun Instagram Reels cukup menekan tombol "Next" untuk menuju ke halaman berikutnya.

Ada sedikit perbedaan yang terlihat di halaman editing "Post" dari keduanya. Di TikTok, pengguna diberikan banyak opsi di antaranya membuat caption, mengatur cover video, Tag Friends, Hastags, Draft, Share To, Save to Device, mematikan kolom komentar, Stitch, Duet, dan membatasi siapa saja yang bisa melihat konten tersebut.

Sementara di Instagram Reels, hanya mencakup sejumlah opsi seperti Caption, mengatur cover video, Tag People, Save Draft, dan memilih apakah konten tersebut hanya akan diunggah di Reels atau sekaligus di Feeds, Stories, dan Close Friends.

Baik TikTok maupun Instagram Reels sama-sama memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya dapat "berkolaborasi" dengan pengguna lainnya. Nama fitur tersebut adalah "Duet" (TikTok) dan "Remix This Reels" (Instagram Reels).

Keduanya memiliki fungsi serupa yaitu dapat menggabungkan video dari pengguna lainnya ke dalam satu konten yang sama.

Misalnya, jika Anda ingin melakukan lip-sync dengan pengguna lainnya, Anda cukup meng-klik fitur tersebut, lalu rekam video yang akan Anda duetkan dengan konten yang sudah Anda pilih tadi.

Jika sudah, video tersebut bisa langsung Anda upload sebagai konten TikTok ataupun Instagram Reels.

Apabila dibagikan di Instagram Stories, video Reels bakal hilang setelah 24 jam, sedangkan jika diunggah di Feed, video tersebut akan terpampang di halaman profil pengguna, sama seperti ketika mengunggah sebuah foto atau konten IGTV.

Untuk memperoleh fitur Reels, pengguna harus melakukan update aplikasi Instagram terlebih dahulu lewat toko aplikasi Google Play Store untuk Android di tautan berikut, dan App Store untuk iOS di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/25/19070037/menjajal-instagram-reels-apa-bedanya-dengan-tiktok-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.