Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Disebut Kembangkan Prosesor Gambar Sendiri

Di sektor fotografi, perusahaan-perusahaan smartphone ini juga terus menggodok teknologi kamera, salah satunya Oppo yang mengembangkan computational photography untuk mengambil video di Reno6 yang diklaim pertama di dunia.

Tak sekadar software, Oppo juga kini dikabarkan akan menggarap hardware kamera yang berfungsi untuk memproses gambar dari kamera (Image Signal Processor/ISP).

Informasi ini muncul dari sebuah unggahan pembocor gadget kenamaan asal China, Digital Chat Station, di salah jejaring sosial Weibo.

Menurut dia, ISP buatan Oppo yang tengah dikembangkan ini bakal digunakan untuk meningkatkan kualitas kamera ponsel bikinan perusahaan asal China tersebut lebih lanjut secara leluasa.

Saat ini, Oppo sendiri selalu menggunakan ISP buatan perusahaan lain, seperti Qualcomm Spectra 580 ISP untuk Find X3 Pro versi Indonesia, atau Sony IMX766 untuk Find X3 Pro versi global.

Sebagai informasi, ISP adalah prosesor khusus di dalam SoC yang bertanggung jawab untuk urusan pengolahan gambar. Fungsi ISP berbeda dengan GPU yang bertugas untuk mengolah grafis untuk ditampilkan di layar perangkat.

Dengan kabar terbaru ini, maka ada kemungkinan ponsel Find X4 Series atau Find X5 Series bakal memiliki teknologi kamera yang sepenuhnya mengandalkan ISP dari Oppo.

Tak menutup kemungkinan juga ISP hasil pengembangan Oppo itu bakal hadir di berbagai perangkat OnePlus, setelah kedua perusahaan tersebut bergabung pada Juni lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (6/7/2021).

Meski demikian, kabar ini belum dikonfirmasi oleh perusahaan rintisan Tony Chen tersebut. Mereka juga belum mengumbar nama atau bagaimana bentuk dan spesifikasi ISP itu, jika memang ada.

Yang jelas, kabar ini muncul setelah salah satu kompetitor Oppo, Xiaomi, mengumumkan ISP terbaru bikinan perusahaan ini yang diberi nama Surge C1 akhir Maret lalu.

Surge C1 diklaim memiliki beberapa keunggulan yang mengandalkan kombinasi algoritma 3A (Auto Focus, Accurate White Ballance, dan Automatic Exposure).

Adapun ISP tersebut disinyalir bakal debut di ponsel lipat pertama Xiaomi, Mi Mix Fold. Namun, tanggal peluncuran ponsel tersebut masih misterius.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/06/14030017/oppo-disebut-kembangkan-prosesor-gambar-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke