Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video: Selamat Datang 5G di Indonesia, Internet Cepat Buat Apa?

Telkomsel menjadi operator pertama yang resmi menggelar 5G secara komersil pada 27 Mei lalu. Tak berapa lama kemudian, Indosat Ooredoo menyusul dengan mengumumkan jaringan 5G miliknya pada 22 Juni.

Namun, akses jaringan 5G dari kedua operator itu masih terbatas. Jaringan 5G hanya hadir di beberapa kota terpilih saja, seperti Jabodetabek, Solo, Surabaya, atau Makassar.

Itupun belum semua wilayah terjangkau, hanya di titik-titik tertentu, seperti area residensial. Belum lagi, tidak semua ponsel 5G yang sudah dipasarkan di Indonesia, kompatibel dengan jaringan 5G Telkomsel atau Indosat.

Pasalnya, pita (band) yang terpasang di perangkat belum tentu sesuai dengan spektrum yang digunakan operator seluler untuk menggelar jaringan 5G.

Hal ini menimbulkan pertanyaan beberapa pengguna internet di Indonesia, apakah nantinya semua ponsel 5G akan bisa terkoneksi dengan jaringan 5G di Tanah Air? Lalu, seberapa besar benefit internet 5G bagi industri maupun masyarakat?

Pembahasan tersebut KompasTekno angkat dalam obrolan ringan di program "AntarMuka" episode: "Internet 5G Buat Apa Sih? Semua HP Bakal Bisa 5G?" yang tayang di kanal YouTube Tech by Kompas.

Dalam episode ini, KompasTekno turut mengajak Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia untuk ikut memberikan perspektif tentang 5G di Indoneisa dari industri smartphone.

Video "AntarMuka" episode: "Internet 5G Buat Apa Sih? Semua HP Bakal Bisa 5G?" bisa dilihat di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/14/19210057/video--selamat-datang-5g-di-indonesia-internet-cepat-buat-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke