Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inikah Alasan Apple Tak Mau Hilangkan "Poni" di iPhone 13?

Namun, untuk pertama kalinya sejak 2017, perusahaan asal Cupertino AS tersebut melakukan sebuah "peningkatan" terhadap notch, yaitu membuatnya 20 persen lebih kecil dibanding generasi sebelumnya.

Pertanyaan mungkin akan tersirat di benak pengguna, mengapa notch tak bisa dipisahkan dari iPhone? Atau mengapa tidak beralih saja ke modul yang lebih kecil macam punch hole seperti ponsel Android kekinian?

Alasannya, karena Apple memang tidak bisa beralih dari notch sejak awal. Sebab, notch tidak hanya memuat kamera selfie, melainkan juga sejumlah sensor lain yang berguna untuk pemindai wajah Face ID.

Beragam komponen tersebut mencakup:

Face ID butuh banyak komponen

Fitur keamanan Face ID sendiri, membutuhkan beragam sensor untuk melakukan pemetaan wajah secara mendalam, sehingga mendapatkan gambaran rinci wajah pengguna.

Dengan demikian, fitur keamanan tersebut bisa berfungsi dengan optimal.

Komponen flood illuminator, dot projector, dan kamera inframerah, misalnya, bekerja satu sama lain untuk memindai titik-titik pada kontur wajah dan memetakannya menjadi bentuk wajah dengan bantuan neural engine.

Nantinya, hasil pemetaan wajah tersebut disandingkan dengan wajah pengguna yang diambil menggunakan kamera selfie. Apabila sesuai, maka layar iPhone yang terkunci akan terbuka.

Karena beragam sensor tadi, maka Apple harus mencari cara lain agar seluruh sensor tersebut bisa dimuat dalam satu modul besar.

Terutama jika mereka memang benar-benar ingin menghilangkan notch tanpa harus meninggalkan Face ID.

Lantas, bagaimana jika Apple memindahkan speaker dan mikrofon yang ada di dalam notch ke dekat atas bingkai layar? Hal itu tampaknya akan sia-sia.

Sebab, apabila Apple masih ingin mempertahankan teknologi Face ID, maka mereka harus menghadirkan beberapa punch hole atau modul serupa lainnya yang bisa memuat beragam sensor tadi, termasuk kamera selfie.

Alternatif lainnya, beberapa sensor tersebut, setidaknya untuk kamera selfie, bisa dibenamkan di bawah layar seperti kamera selfie pada Samsung Galaxy Z Fold 3.

Namun, teknologi tersebut tampaknya masih belum ditelusuri Apple hingga saat ini, terlebih kamera under-display juga merupakan teknologi yang terbilang masih baru dan butuh penyempurnaan lebih lanjut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Kamis (16/9/2021), Apple sendiri konon bakal menghilangkan notch sepenuhnya dan beralih ke modul punch hole untuk jajaran iPhone 14 pada 2022 mendatang.

Namun, hal itu belum dipastikan kebenarannya. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/17/06450077/inikah-alasan-apple-tak-mau-hilangkan-poni-di-iphone-13-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke