Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qualcomm Ganti Nama Chip Snapdragon Jadi Lebih Simpel

Masing-masing seri Snapdragon ditujukan bagi segmen smartphone yang berbeda. Snapdragon 200-400 untuk smartphone kelas entry-level, seri 600-700 duduk di papan tengah, sedangkan seri 800 digunakan di smartphone flagship hingga premium.

Ke depan, skema penamaan itu akan berubah. Qualcomm mengumumkan rencana nama baru untuk keluarga chip Snapdragon menjelang acara Snapdragon Tech Summit 30 November mendatang.

Nama baru Snapdragon akan lebih sederhana, yakni terdiri dari satu digit angka di depan yang diikuti nomor generasi. Jadi, nantinya, tidak ada lagi chip "Snapdragon 898" atau penamaan sejenis, melainkan "Snapdragon 8 Gen1".

Perubahan nama ini akan mulai berlaku untuk chipset terbaru Snapdagron yang akan dirilis akhir November mendatang.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (24/11/2021), Qualcomm belum menerangkan alasan penggantian nama Snapdragon. Informasi terkait hal itu kemungkinan akan dijelaskan dalam acara Snapdragon Tech Summit pekan depan.

Qualcomm turut berencana "memisahkan" brand Snapdragon atau produk lain yang berkaitan dengan mobile. Snapdragon akan menjadi produk sendiri dengan "ikatan khusus bersama merk Qualcomm yang sesuai".

Selain itu, Qualcomm juga akan menghapus embel-embel "5G "di chip buatannya.Sebab, dukungan 5G dinilai sudah menjadi fitur umum dan tidak perlu digunakan sebagai jaminan ke konsumen.

Mulai saat ini, Qualcomm hanya akan merilis chip yang sudah mendukung jaringan 5G, sehingga embel-embel 5G memang tidak diperlukan lagi.

Logo bola api yang menjadi ikon Snapdragon, kabarnya juga akan mengalami perubahan, begitu pula dengan warna SoC yang akan dibagi menjadi beberapa varian.

Adapun penamaan warna yang kabarnya akan digunakan adalah Midnight, Gunmetal, Nickel, Snapdragon Red, dan Gold. Masing-masing warna akan menunjukan kelas SoC. Warna Gold misalnya hanya akan digunakan untuk SoC kelas premium.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/24/15170057/qualcomm-ganti-nama-chip-snapdragon-jadi-lebih-simpel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke